Senin, 04 Juli 2016

Bagaimana Hukum Bersalaman setelah Sholat Idul Fitri?

loading...
Lebaran tinggal dua hari lagi, pasti banyak sekali persiapan yang dilakukan. Bagi yang mudik, pasti saat ini sudah berada di kampung halaman dan bertemu dengan sanak keluarga.

Ketika hari idul fitri pasti orang-orang melaksanakan sholat idul fitri. Yang menjadi pertanyaan di sini adalah, bagaimana hukumnya bersalaman setelah sholat idul fitri dan mengucapkan selamat sambil berpelukan?
Berjabat tangan dan berpelukan sambil mengucapkan selamat / Gambar via daijiworld.com
Mengenai hal ini, Syaikh rahimahullah menjawab, "Perbuatan itu semua dibolehkan. Karena orang-orang tidaklah menjadikannya sebagai ibadah dan bentuk pendekatan diri pada Allah Ta'ala. Ini hanyalah dilakukan dalam rangka adat (kebiasaan), memuliakan dan penghormatan. Selama itu hanyalah adat (kebiasaan) yang tidak ada dalil yang melarangnya, maka itu asalnya boleh. Sebagaimana para ulama katakan, 'Hukum asal segala sesuatu adalah boleh. Sedangkan ibadah itu terlarang dilakukan kecuali jika sudah ada petunjuk dari Allah Ta'ala dan Rasul-Nya'." (Majmu' Fatawa Rasail Ibni 'Utsaimin, 16: 128)

Ada bersalaman ini sangat baik, karena selain merekatkan rasa persaudaraan dan mengeratkan tali silaturahim, juga dapat sebagai pengampun dosa diantara keduanya sebelum mereka berpisah. Berjabat tangan juga merupakan ajaran dari Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam.

Namun, perlu diperhatikan dalam masalah jabat tangan dengan lawan jenis. Tak masalah berjabat tangan atau sampai berpelukan dengan sesama jenis, tapi ketika dengan lawan jenis dan itu bukan muhrimnya, sebaiknya jangan dilakukan.

Ulama Syafi'iyah bahkan mengharamkan berjabat tangan dengan yang bukan muhrimnya. Tak ada pengecualian meskipun dengan orang yang sudah lanjut usia pun. Oleh karena itu, jangan sampai kita terbawa suasana lebaran saling berjabat tangan hingga dengan lawan jenis.

Semoga di hari raya idul fitri ini, kita dalam kembali bersih dari segala dosa, Aamiin.
Bagaimana Hukum Bersalaman setelah Sholat Idul Fitri? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top