Sabtu, 09 Juli 2016

Bagaimana Orang yang Sholat Khusyuk itu? Inilah Cirinya!

Salah satu cara kita berkomunikasi dengan Allah Ta'ala adalah melalui sholat. Setelah sholat, kita bisa mengadu apapun yang menjadi uneg-uneg di dalam diri kita. Segala keluh kesah, keinginan, ucapan terima kasih atas segala nikmat yang telah Allah Ta'ala berikan, bisa kita sampaikan setelah sholat.

Sholat yang baik adalah sholat yang fokus pada Allah Ta'ala. Tanpa gangguan dan tanpa terpikir apapun, hanya Allah Ta'ala. Sholat yang seperti ini biasa disebut dengan sholat khusyuk. Lalu, bagaimana ciri orang yang sholat khusyuk itu?
Ilustrasi Sholat khusyuk / Gambar via pixabay.com
Allah Ta'ala berfirman, "Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam sembahyangnya." (QS. Al Mu'minun [23]: 1-2)

Orang yang sukses adalah orang yang selalu melihat waktu. Hal ini dikarenakan, semakin seringnya ia melihat waktu, semakin ia efektif dalam melakukan aktivitas sehari-harinya. Dan orang yang khusyuk dalam sholatnya adalah orang yang disiplin akan waktu.

Baginya, waktu amat berharga. Sehingga ia tidak ingin waktunya terbuang sia-sia hanya dengan melakukan hal yang tidak disukai oleh Allah Ta'ala.

Orang yang sholatnya khusyuk juga terpelihara lisan dan perbuatannya. Ia tidak akan berkata buruk dan selalu menjaga ucapannya agar ia tak sia-sia dalam berucap. berghibah, melakukan kebohongan, pantang dilakukan bagi mereka yang sholatnya khusyuk.

Selain itu juga, perilaku orang yang sholatnya khusyuk pun terjaga. Tingkah lakunya baik, dapat menjadi contoh orang lain. Dan ia juga akan menjadi pribadi yang disiplin.

MasyaAllah, banyak sekali manfaat seseorang yang sholatnya khusyuk. Oleh karena itu, mari kita biasakan untuk sholat yang khusyuk. Karena manfaatnnya begitu banyak dan kita akan semakin dengan kepada Allah Ta'ala.