Sabtu, 16 Juli 2016

Barakallah Fii Umrik Lebih Baik dari Selamat Ulang Tahun

Menurut sebagian orang, hari lahir atau biasa disebut dengan hari ulang tahun adalah momen spesial dalam hidup. Usia bertambah dan semakin dewasa. Maka dari itu, mereka seringkali merayakan ulang tahun dengan mentraktir keluarga atau teman, bahkan tak sedikit yang memberi hadiah di hari ulang tahun.

Sebagai teman yang ikut merayakan ulang tahun teman kita, terkadang kita bingung akan mengucapkan apa saat itu. Bingung merangkai kata-kata. Bingung akan mengucapkan "Selamat ulang tahun", "Happi birthday", atau "Barakallah Fii Umrik". Lantas, manakah yang lebih baik?
Ulang tahun / Gambar via newsread.in
Semestinya, ketika orang bertambah usia bukannya bersenang-senang, tapi harus lebih prihatin. Merasa lebih dekat kepada Allah Ta'ala karena usianya semakin berkurang. Merayakan ulang tahun juga bukan budaya Islam, melainkan budaya orang kafir.

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda dalam hadits Abdullah bin Umar Radhiallahu anhuma, "Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk dari mereka."

Ketika ada yang bertambah usianya, kita sebaiknya ucapkan Barakallah fii umrik, bukan hanya ucapan selamat ulang tahun. Karena, barakallah fii umrik memiliki arti "Semoga mendapatkan berkah dari Allah Ta'ala dalam usiamu". Ini tepat karena ketika hari lahir kita tiba, bukan hanya usia yang bertambah melainkan jatah hidup kita semakin berkurang.

Sebaik-baik ucapan adalah do'a. Dan barakallah fii umrik mengandung do'a yang sesuai ketika usia kita bertambah. Dengan begitu, ucapkanlah barakallah fii umrik kepada keluarga, saudara, teman, atau orang yang sedang berulang tahun karena di dalamnya mengandung do'a yang baik supaya usianya berkah.

Wallahu a'lam.
Barakallah Fii Umrik Lebih Baik dari Selamat Ulang Tahun Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top