Minggu, 10 Juli 2016

Dibalik Bunyi Aneh dari Tubuhmu, ada Fakta Dibaliknya loh!

Terkadang, ketika sedang di kelas dan hening, perut kita keroncongan. Penyebab utama tentu saja lapar, tapi sayangnya ini tak bisa dikontrol dan dapat mengganggu seisi kelas. Dan yang pasti, kamu akan malu dibuatnya.

Memang tubuh kita ini unik, dapat mengeluarkan berbagai suara yang kita terkadang tak tahu penyebabnya apa. Tapi secara ilmiah, ada fakta unik dibalik munculnya bunyi-bunyi aneh di tubuhmu loh!

Inilah fakta unik dibalik bunyi aneh yang keluar dari tubuh :
  1. Keroncongan

    Keroncongan / Gambar via wikihow.com
    Otot di perut dan usus harus terus berkontraksi untuk mendorong makanan lewat sistem pencernaan, dan proses ini disebut dengan peristaltik. Suara keroncongan di perut merupakan semua gas, cairan, dan pecahan makanan yang diaduk-aduk dalam proses tersebut.
  2. Bersin

    Bersin / Gambar via isciencemag.co.uk
    Bersin terjadi ketika ada gangguan pada selaput lendir hidung atau tenggorokan. Saat benda pengganggu itu masuk ke hidung, hal itu menjadi pemicu pusat bersin di otak dan sinyal akan dikirim ke tenggorokan, mata, maupun mulut. Selanjutnya, otot dada akan berkontraksi yang mengakibatkan udara, air liur, dan lendir dipaksa keluar dari mulut dan hidung sehingga terjadi bersin.
  3. Kentut

    Kentut / Gambar via chemistry.about.com
    Sebenarnya, kentut merupakan bagian dari pencernaan. Ketika kamu makan, otomatis udara akan masuk bersama makananmu. Ketika sistem pencernaan mencerna makanan menjadi nutrisi, gas hidrogen sulfida akan ikut diproduksi. Agar dapat menyingkirkan semua gas tersebut, otomatis hal itu dikeluarkan melalui kentut.
  4. Sendawa

    Sendawa / Gambar via 1000awesomethings.com
    Ada beberapa gas yang harus dikeluarkan tubuh, selain melalui kentut, udara tersebut juga dikeluarkan melalui mulut dengan sendawa. Sama seperti kentut yang memiliki bau tak sedap, sendawa pun memiliki bau tak sedap pula.
Itulah fakta ilmiah dari bunyi-bunyi aneh yang dikeluarkan tubuh.