Kamis, 14 Juli 2016

Hati-hati! Inilah Modus Penipuan Baru di Kota Tua!

Kota Tua merupakan kawasan wisata di Jakarta Barat. Menyuguhkan bangunan-bangunan Belanda yang masih kokoh berdiri. Selain dapat menikmati keindahan bangunan peninggalan Belanda, di sini pengunjung juga dapat menikmati berbagai hiburan dan kuliner yang ada di sekitar Kota Tua.

Musim lebaran dan liburan sekolah ini, kawasan Kota Tua menjadi ramai pengunjung. Tercatat sudah lebih dari 50.000 orang berkunjung ke Kota Tua, dan diperkirakan jumlahnya akan terus bertambah sampai liburan sekolah usai. Yang perlu diwaspadai adalah, adanya modus penipuan yang dilakukan oleh orang yang mengaku sebagai polisi.
Kota Tua, Jakarta / Gambar via dreamofacity.com
Mereka mengaku sebagai polisi dengan memakai seragam polisi, kemudian meminta pengunjung untuk menggeledah tas mereka guna mengecek barang-barang.

Kapolsek Metro Taman Sari AKBP Nasriadi turut mengimbau para pengunjung untuk berhati-hati dan selalu mewaspadai adanya modus penipuan. Jika polisi gadungan tersebut ingin menggeledah dan mengecek HP, sebaiknya dilawan saja. Atau kamu juga bisa meminta kartu anggotanya.

Meskipun polisi asli juga berjaga di Kota Tua, tapi tak ada salahnya jika pengunjung waspada dan memintakan kartu anggotanya. Pasalnya, sudah ada kejadian dimana sopir bajaj bernama Muklis (36) menipu dengan modus tukar tambah handphone. Saat itu, ia menawarkan Samsung Galaxy S4 kepada Rian (16), dengan menambah Rp 300.000 Rian pun tergiur dan mau bertukar dengan handphone Samsung Ace 3 miliknya.

Tak hanya Rian, temannya yang bernama Zaenal Muktarin (18), yang kala itu datang bersama Rian juga terpengaruh dengan tipuan Muklis. Ia memberikan handphone Samsung J One Ace kepada Muklis. Tapi ternyata, handphone yang diberikan Muklis adalah Samsung Dummy S4 yang ternyata hanyalah sebuah replika atau palsu.

Selain itu, modus penipuan lainnya adalah orang yang menawarkan jasa guide dan menawarkan tiket masuk tanpa antre. Sebaiknya kamu yang sedang berada di Kota Tua berhati-hati dan menolak tawaran tersebut. Jika masih ragu, tanyakan ke pos penjagaan polisi yang siap siaga selama 24 jam.

Musim liburan memang semua tempat wisata menjadi ramai, jadi kamu yang ingin berwisata harus tetap jaga diri dan jaga barang bawaan ya!
Hati-hati! Inilah Modus Penipuan Baru di Kota Tua! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top