Rabu, 27 Juli 2016

Ingin jadi Tentara? Ketahui Dulu Fakta-faktanya!

loading...
Belakangan ini profesi sebagai militer sangat digemari, salah satu yang digemari adalah TNI (Tentara Nasional Indonesia). Siapa yang tak tahu tentara? Mereka terkenal dengan pakaiannya yang khas, badannya yang tegap dan gagah, serta ketegasan mereka.

Apalagi jika para tentara itu masih muda dan lajang, ini juga bisa jadi salah satu alat untuk tebar pesone ke para wanita lajang. Tapi, sebelum kamu memutuskan untuk menjadi tentara, selain fisik yang kuat dan otak yang cerdas, kamu harus tahu fakta-fakta tentang tentara.
TNI / Gambar via lowyinterpreter.org
Inilah fakta-fakta tentara yang harus kamu ketahui :
  1. Rekruitmen dan Pendidikan TNI

    Lulusan SMP maupun SMA dapat langsung mendaftar menjadi anggota TNI. Rekruitmen TNI terdiri dari tiga tingkatan, yang pertama adalah tamtama untuk mereka yang tamatan SMP dan sederajat bisa mendaftar. Mereka yang tamatan SMA dan sederajat bisa mendaftar bintara.

    sedangkan bagi akademi militer, harus lulusan SMA dan mendapat pendidikan selama empat tahun. Untuk yang ingin naik pangkat, bisa menempuh pendidikan lagi menjadi perwira bintara, atau ke sekolah calon perwira.
  2. Mengenal Prajurit Karir

    Jika kamu tamatan sarjana, kamu bisa menjadi prajurit karir. Prajurit karir ini berbeda dengan prajurit seperti yang sudah disebutkan di atas. Prajurit karir lebih mengacu pada profesi selain tentara, seperti ahli IT, dokter, insinyur, serta ahli hukum.

    Untuk lama pendidikan Sekolah Perwira PK adalah 7 sampai 8 bulan dan ketika lulus akan langsung mendapat pangkat letnan dua. Pendidikan dilaksanakan di Magelang, Jawa Tengah.
  3. Tes Kesehatan seringkali Menjadi Hambatan

    Memang dari segala test, inilah yang menjadi test paling sulit dilalui. Hanya sehat saja tak cukup, karena test kesehatan dilakukan meliputi bagian luar dan dalam tubuh. Test urin dan test darah juga dilakukan. Selain itu, test kesehatan mental juga dilakukan.
  4. Gaji Anggota TNI

    Banyak yang bilang gaji TNI itu kecil, tak sebanding dengan beratnya tugas TNI. Namun sekarang sudah lebih baik, apalagi ditambah berbagai tunjangan dan remunerasi. Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) nomor 31 tahun 2015 tentang perubahan ke 11 atas, Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 2001 tentang peraturan gaji anggota TNI, adapun gaji pokok TNI adalah sebagai berikut :
    Gaji gol. I tamtama 1.565.200 - 2.819.500
    Gaji gol. II bintara 2.003.300 - 3.839.800
    Gaji gol. III perwira pertama 2.604.400 - 4.551.700
    Gaji gol. IV perwira menengah 2.856.400 - 4.992.000
    Gaji gol. IV perwira tinggi 3.132.700 - 5.646.100
Dengan fakta tersebut, sudah siap jadi tentara?
Ingin jadi Tentara? Ketahui Dulu Fakta-faktanya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top