Jumat, 29 Juli 2016

Ingin Mendidik Anak dengan Hukuman Pesantren? Begini Caranya!

Pesantren adalah sekolah yang menerapkan pelajaran Islam bagi siswa-siswanya disamping pelajaran umum juga. Sekolah di pesantren mengharuskan siswanya tinggal di pesantren untuk beberapa waktu yang lama dan tidak boleh pulang seenaknya. Hukum yang diterapkan pun kebanyakan adalah hukum Islam.

Mungkin hukuman pesantren sedikit berbeda dengan hukuman sekolah umum biasanya. Hal ini bertujuan untuk memberikan efek jera bagi siswanya, terutama bagi siswa yang bandel. Jika ingin menerapkan hukuman pesantren di rumah, bisa saja, dengan cara-cara ini.
Hukuman pesantren untuk diterapkan pada anak di rumah / Gambar via boston.com
Inilah cara mendidik anak sesuai dengan hukuman pesantren :
  1. Membersihkan Halaman

    Jika anak membandel, cobalah suruh ia membersihkan halaman rumah. Di pesantren juga begitu, siswa yang tak mematuhi aturan dihukum dengan membersihkan halaman pesantren. Dengan begitu, selain membuat anak tersebut jera, juga membuat lingkungan menjadi bersih.
  2. Mengaji Surat Panjang

    Jika anak suka bolos mengaji misalnya, bisa dihukum dengan membaca surat-surat yang panjang dalam Al Qur'an. Hal ini agar anak dapat disiplin dan tidak bolos mengaji lagi.
  3. Membersihkan Kamar Mandi

    Kebersihan adalah sebagian dari iman, jika hukuman membersihkan halaman dirasa lebih ringan, hukumlah anak dengan membersihkan kamar mandi.
  4. Digunduli

    Ini adalah hukuman yang tergolong berat, terutama diperuntukkan bagi anak laki-laki. Hukuman ini akan memberi efek malu pada si anak, karena nantinya teman-teman akan menyindir atau mengejeknya.
  5. Penyitaan Barang

    Biasanya, di pesantren tidak memperbolehkan membawa peralatan elektronik, seperti handphone, pemutar musik, dan barang lain yang dapat membuat kekhusyukan berkurang. Nantinya setelah barang disita, akan dikembalikan langsung pada orang tua mereka.
  6. Menghafal

    Anak-anak di pesantren dididik agar dapat hafal Al Qur'an. Ini dapat diterapkan di rumah. Jika di rumah anak masih malas menghafal Al Qur'an, menghafal bisa dijadikan hukuman bagi anak yang membolos mengaji, tidur saat mengaji, atau yang tidak sholat berjamaah.
  7. Menata Alas Kaki

    Menata alas kaki di rak bisa menjadi hukuman yang tepat juga agar anak terbiasa dengan kerapian dan kebersihan.
Jadi, selain dihukum, dengan cara ini anak juga dididik supaya menjadi yang lebih baik. Terapkan bagi anak supaya ia dapat menjadi pribadi yang lebih di kemudian hari.