Selasa, 05 Juli 2016

Inilah Bahasa Tubuh yang Membuatmu Terkesan Lebih Baik

Bertemu orang pertama kali harus meninggalkan kesan yang baik bagi orang tersebut. Ini akan menjadikan kamu dikenang orang lain sebagai pribadi yang baik, terlebih ketika kamu wawancara kerja, pasti segara gerak-gerikmu dan perkataanmu akan diperhatikan dan menjadi bahan pertimbangan pihak HRD.

Selain tutur kata, orang lain juga dapat terkesan dengan kita melalui body language atau bahasa tubuh yang kita tunjukkan. Bahasa tubuh bukan maksudnya kita berbicara menggunakan gerakan, melainkan sikap yang kita tunjukkan ketika berkomunikasi.
Pentingnya bahasa tubuh / Gambar via millennialmagazine.com
Inilah bahasa tubuh yang membuatmu terkesan lebih baik :
  1. Jangan Silangkan Tangan

    Menyilangkan tangan ketika berbicara antara dua orang akan terlihat sombong dan menantang. Kecuali jika kamu sedang berada di tengah kumpulan orang yang sedang mengobrol. Jadi, lebih baik biasa saja agar kamu terlihat rendah hati dan tidak sombong.
  2. Bicara dengan Tangan

    Agar kamu terlihat kredibel dan berkualitas, cobalah berbicara dengan menggunakan gerakan tangan. Hal ini juga akan meningkatkan daya pikir.
  3. Postur Tubuh yang Sempurna

    Ketika berbicara dengan orang, aturlah postur tubuhmu menjadi sempurna. Tarik pundak sedikit ke belakang, luruskan wajah, dan buat tubuhmu terlihat nyaman. Tapi ingat, jangan menjadi tegang karena postur tubuh.
  4. Pegang Sesuatu dengan Bijak

    Mungkin ada rasa kaku dan tegang ketika berbicara dengan orang baru, maka dari itu kamu perlu sesuatu untuk dipegang, misalnya segelas teh. Tapi ingat, peganglah sejajar pinggang agar lebih nyaman dan tidak menghalangi wajahmu ketika berbicara.
  5. Tiru

    Sesuaikan bahasa tubuh dengan lawan bicaramu. Misalnya dia sedang marah, senyum, atau posisi duduknya, ikutilah. Tapi jangan setiap gerakan diikuti karena itu akan menjadi menyebalkan, sesekali saja boleh diikuti.
  6. Eye Contact

    Penting bagi kamu melakukan kontak mata dengan lawan bicara. Hal ini akan membuatnya merasa dihargai. Tapi jangan selalu menatap matanya, sesekali lihat ke arah lain untuk memberikan kesan natural bahwa kamu sedang berpikir.
Itulah tips agar kamu terkesan lebih baik di mata orang yang baru kenal.