Minggu, 10 Juli 2016

Inilah Cara Meminang yang Benar Sesuai Syari'at Islam

loading...
Menikah adalah hal yang diwajibkan dalam agama Islam. Oleh sebab itu, jika sudah ada yang berniat untuk meminang dan usia sudah cukup, sebaiknya disegerakan untuk menikah. Hal ini untuk menghindari adanya fitnah.

Dalam hal meminang, ada tata cara dan proses yang sesuai dengan syari'at Islam. Sebagai umat Islam, kita harus melakukannya sesuai dengan syari'at agar Allah Ta'ala pun ridho dengan pernikahan yang dilakukan.
Menikah / Gambar via Pinterest Aimi Ali
Ketika akan meminang, calon mempelai lelaki datang ke rumah calon mempelai perempuan ditemani dengan satu saudara laki-laki atau walinya. Tapi, hal ini sifatnya longgar dan lebih kepada mengikuti kebiasaan masyarakat setempat. Malah di beberapa negara jika meminang pergi sendiri atau sepi seperti ini malah menjadi aib.

Yang disyari'atkan adalah calon mempelai laki-laki harus melihat calon mempelai perempuan. Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Lihatlah dia, karena akan lebih mendekatkan hubungan (kasih sayang) kalian." (Dishahihkan oleh al Baani dalam Shahih Tirmidzi)

Setelah calon mempelai wanita dan keluarganya sudah setuju, hal yang perlu dibahas adalah masalah mas kawin, biaya pernikahan, dan lain sebagainya. Ini juga disesuaikan dengan kemampuan calon mempelai lelaki. Dan hal ini sifatnya juga dapat menyesuaikan dengan adat masyarakat setempat.

Membaca surat Al Fatihah ketika meminang atau akad nikah ini tidak disunnahkan, melainkan adalah bid'ah. Lajnah Daiman lil Ifta' pernah ditanya (19/146): "Apakah membaca surat Al Fatihah pada saat seorang laki-laki meminang wanita termasuk bid'ah?". Mereka kemudian menjawab, "Membaca surat Al Fatihah pada saat berlangsungnya proses pertunangan atau proses akad nikah adalah bid'ah."

Sedangkan yang disunnahkan adalah membaca khutbatul hajah yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu 'anhu, berkata: "Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam telah mengajarkan kepada kami tentang khutbatul hajah pada saat pernikahan atau yang lainnya:

"Sungguh segala puji hanya milik Allah Ta'ala, kami meminta pertolongan dan meminta ampun kepada-Nya, kami berlindung kepada-Nya dari keburukan nafsu kami, barang siapa yang diberi hidayah oleh Allah Ta'ala maka tidak ada yang mampu menyesatkannya, dan barang siapa yang disesatkan maka tidak ada yang mampu memberinya hidayah, dan aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) keciali Allah Ta'ala, dan aku bersaksi bahwa Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam adalah hamba dan utusan-Nya."

Dan yang terakhir adalah tidak ada pakaian khusus bagi mempelai laki-laki maupun mempelai perempuan dalam proses pertunangan, akad nikah, atau yang lainnya. Yang terpenting adalah menutup aurat dan tidak berlebih-lebihan.

Semoga kita bisa selalu menjaga diri kita dan menjalankan sesuai dengan syari'at Islam.
Inilah Cara Meminang yang Benar Sesuai Syari'at Islam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top