Selasa, 19 Juli 2016

Inilah Fakta Geografis Mengejutkan tentang Indonesia!

loading...
Indonesia adalah negara yang unik. Berbentuk kepulauan, dengan jumlah pulau yang mencapai 17.000 lebih pulau besar dan kecil. Indonesia pun termasuk negara dengan jumlah penduduk yang padat. Di dunia, Indonesia menduduki urutan keempat negara dengan penduduk terpadat, dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa.

Mendengar nama Indonesia, tentu saja kita langsung teringat hal-hal unik di Indonesia. Tak hanya dari segi budaya, adat istiadat, dan makanan khasnya, namun Indonesia juga memiliki keunikan di bidang geografis. Apa saja itu?

Inilah fakta geografis mengejutkan tentang Indonesia :
  1. Danau Terbesar di Indonesia

    Danau Toba yang terletak di Provinsi Sumatera Utara ini merupakan danau terbesar di Indonesia. Di kawasan danau ini juga terdapat gunung berapi lama yang sudah tidak aktif. Letusannya sangat dahsyat, hingga menyapu sebagian dari nenek moyang penduduk Indonesia dan banyak pulau di sekitarnya sehingga menciptakan kepulauan Indonesia sekarang ini.
    Danau Toba / Gambar via okdotours.co.id
    Danau Toba juga merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Selain mendapat predikat danau terbesar, Danau Toba juga dinobatkan sebagai danau yang gununya memiliki letusan paling eksplosif dalam sejarah bumi.
  2. Tempat Terkering di Indonesia

    Daerah di Indonesia Timur memiliki ciri curah hujan yang rendah, sehingga tampak lebih kering daripada wilayah Indonesia Barat. Dan benar saja, di Pulau Sabu, Nusa Tenggara Timur, adalah tempat terkering di Indonesia. Angin panas yang ditiup dari Benua Australia yang mengakibatkan daerah ini sangat kering.
    Pulau Sabu / Gambar via topindonesiaholidays.com
    Di sini, hanya terdapat bukit-bukit kapur yang kurang subur dengan puncak yang menjulang, padang rumput yang kering, serta pohon palem ciri khas daerah kering. Meski begitu, masih banyak saja wisatawan yang berkunjung di pulau ini karena cuaca yang stabil dan kebudayaan yang masih sangat kental. Dalam setahun, tempat ini hanya diguyur hujan sebanyak 1.019 milimeter.
  3. Tempat Terbasah di Indonesia

    Bogor / Gambar via traveliciousindonesia.com
    Benar saja jika Bogor yang berada di Jawa Barat dijuluki sebagai "Kota Hujan". Karena dalam setahun, Bogor diguyur hujan rata-rata sebanyak 320 hari, ini yang menjadikan Bogor menjadi tempat terbasah di Indonesia. Meskipun sering hujan, Bogor banyak diserbu wisatawan karena memiliki wisata pegunungan yang indah serta iklim yang sejuk.
  4. Gletser Terbesar di Indonesia

    Meskipun Indonesia adalah negara tropis, tapi di Indonesia juga memiliki gletser, yaitu di Puncak Jaya, Provinsi Papua. Memang tak sebanyak gletser di negara lain, tapi untuk tempat yang panas dan lembab, East Northwall Firn dengan luas 1,17 kilometer persegi ini dapat dikatakan luar biasa.
    Gletser di Puncak Jaya / Gambar via summitpost.org
    Namun sayangnya, ekspedisi di tahun 2010 menemukan bahwa es di gletser hanya setebal 32 meter dan menipis 7 meter setiap tahunnya. Dan dapat diperkirakan, tahun 2020 nanti jika penipisan tetap berlanjut maka gletser akan hilang.
  5. Gunung Tertinggi di Indonesia

    Puncak Carstensz / Gambar via indonesia-tourism.com
    Gunung tertinggi di Indonesia adalah Gunung Carstensz di Barisan Sudirman, Provinsi Papua. Tapi, gunung ini terdiri dari berbagai puncak dengan ketinggian mencapai 4.884 mdpl. Jika dari jauh, gunung ini nampak seperti tebing yang sangat tinggi.
Wow! Ternyata banyak rahasia geografis yang dimiliki Indonesia dan belum banyak kita ketahui ya?
Inilah Fakta Geografis Mengejutkan tentang Indonesia! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top