Rabu, 27 Juli 2016

Inilah Keuntungan dari Usaha Tani Minapadi

loading...
Bercocok tanam dan beternak adalah hal yang wajar dilakukan oleh warga Indonesia. Di pedesaan dengan lahan yang masih luas banyak petani dan peternak ikan memanfaatkan lahannya untuk bercocok tanam dan beternak. Selain menguntungkan, hal ini juga dapat menjaga keseimbangan ekosistem alam.

Karena bertani dan beternak sama-sama menguntungkan, maka dibuatlah budidaya ikan di pematang sawah, ibarat sambil menyelam minum air. Inilah yang disebut sebagai usahatani minapadi, yaitu pemeliharaan ikan di lahan pertanian sekaligus bercocok tanam. Tentu saja ini dapat menghasilkan keuntungan dua kali lipat, dari ikan dan padi. Selain itu, ada juga keutungan lain dari usahatani minapadi loh!
Usahatani minapadi / Gambar via dispertasumenep.com
Inilah keuntungan dari usahatani minapadi :
  1. Efisiensi Tenaga Kerja

    Usahatani minapadi dapat meningkatkan efisiensi kerja dalam pengelolaan minapadi. Hal ini utamanya dalam kegiatan pemupukan, penyemprotan, dan penyiangan. Selain itu, hasil yang didapatkan oleh petani tak hanya dari padi yang ditanam, melainkan juga dari ikan yang dipelihara. Dan ikan pun waktu panennya relatif lebih cepat daripada padi.
  2. Pengendalian Hama Terpadu

    Secara tak langsung, sistem usahatani minapadi ini dapat mengendalikan hama secara terpadu. Hal ini dikarenakan ikan memakan hewan-hewan kecil di air serta gulma. Selain itu, aktivitas ikan menggoyang-goyangkan padi dapat membuat serangga yang ada di tanaman padi akan terbang dan dimakan burung.
  3. Efisiensi Penggunaan Pupuk

    Kotoran hewan dapat menjadi pupuk organik bagi tanaman. Termasuk kotoran ikan pada sistem usahatani minapadi ini yang dapat membuat tanaman padi lebih subur.
Jadi, jangan sia-siakan lahan pertanian hanya untuk pertanian saja. Manfaatkan juga untuk memelihara ikan dengan menerapkan sistem usahatani minapadi. Selamat mencoba!
Inilah Keuntungan dari Usaha Tani Minapadi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top