Sabtu, 02 Juli 2016

Inilah Orang-Orang yang Wajib Membayar Zakat Fitrah!

loading...
Zakat fitrah adalah zakat yang dikeluarkan ketika bulan ramadhan sampai malam sebelum hari raya idul fitri. Tapi wajibnya, zakat fitrah dilakukan ketika mulai terbenam matahari di akhir bulan ramadhan sampai 1 syawal.

Namun, tak semua pribadi dapat membayar zakat fitrah masing-masing. Ada pihak-pihak yang wajib membayarkan zakat fitrah, ada yang berhak menerima, dan ada yang dibayarkan. Lalu, siapa saja pihak-pihak yang wajib membayar zakat fitrah?
Zakat / Gambar via biyokulule.com
Yang wajib membayarkan zakat adalah setiap muslim dan yang mampu mengeluarkan zakat. Mampu di sini menurut ulama maksudnya orang yang kelebihan makanan bagi dirinya dan yang diberi nafkah pada malam dan siang hari idul fitri.

Jadi, jika sudah mencukupi untuk makan seluruh rumah di hari sebelum dan saat idul fitri, ia wajib mengeluarkan zakat.

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Barangsiapa meminta-minta padahal dia memiliki sesuatu yang mencukupinya, maka sesungguhnya dia telah mengumpulkan bara api." Mereka berkata, "Wahai Rasulullah, bagaimana ukuran mencukupi tersebut?."

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Seukuran makanan yang mengenyangkan untuk sehari semalam." (HR. Abu Dauh No. 1435 dan Ahmad 4: 180)

Oleh karena itu, bagi seorang kepala keluarga wajib membayarkan zakat fitrah bagi dirinya dan seluruh anggota keluarganya, yaitu istri dan anak.
Inilah Orang-Orang yang Wajib Membayar Zakat Fitrah! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top