Kamis, 14 Juli 2016

Jawaban Paling Tepat ketika Ditanya "Kenapa Kita Harus Sholat setiap Hari?"

loading...
Sebagai kewajiban, sholat harus dilakukan selalu tanpa bolong apapun alasannya. Bahkan, kita harus menjadikan sholat sebagai kebutuhan, kita butuh absen kepada Allah Ta'ala, butuh curhat kepada Allah Ta'ala, dan inilah salah satu cara kita dekat kepada Allah Ta'ala.

Rajin sholat juga harus diterapkan kepada anak-anak kita. Agar mereka mulai sadar dan terbiasa untuk sholat. Sholat adalah tiang agama, jika tiang tidak kokoh, maka iman akan mudah goyah. Namun sayangnya, masih banyak anak-anak yang merasa malas dan belum sadar pentingnya sholat. Sebagai orang tua, harus pandai-pandai memberi jawaban kepada anak agar ia mau sholat.
Ajari anak sholat / Gambar via tumblr islamic-art-and-quotes
Ketika anak bertanya "Kenapa kita harus sholat setiap hari?", jawablah ia dengan ini :
  1. Sholat adalah Bentuk Pengabdian Kita Kepada Allah Ta'ala

    Kita sudah diberi kenikmatan oleh Allah Ta'ala, bahkan kita minta apapun Allah Ta'ala akan mengabulkan. Tak jarang, Allah Ta'ala memberi kenikmatan berlebih kepada kita. Jadi, kita sudah seharusnya menuruti segala perintah Allah Ta'ala. Nggak mau kan kalau nikmat kita ditarik Allah Ta'ala?
  2. Sholat Mengajarkan Kita untuk Sabar

    Ingatkan si kecil pada ungkapan "Orang sabar disayang Tuhan". Itu berlaku juga ketika sholat. Misalnya ketika sudah waktu sholat, dan saat itu kita sangat malas, kita harus sabar dan memaksa diri kita untuk melaksanakan sholat. Ketika terburu-buru tapi imam membaca bacaan sholat sangat lambat, kita harus tetap sabar. Dan sabar akan sangat berguna di kemudian hari.
  3. Sholat Membebaskan Kita dari Segala Kesulitan dan Permasalahan

    Berikan contoh kisah orang-orang yang tercerahkan ketika mendapat kesulitan dan permasalahan yang dapat diatasi dengan sholat. Katakan pada anak bahwa dengan sholat, kita bisa mengadu segala keluh kesah kepada Allah Ta'ala. Dan Allah Ta'ala akan memberikan kemudahan bagi kita.
  4. Sholat adalah Tugas Kita sebagai Muslim

    Sholat ibarat tugas, beri contoh pada anak misalnya ia diberikan PR oleh guru dan mengerjakan PR tersebut, tentu saja guru akan senang dan akan mendapat nilai yang baik. Sama seperti sholat, ketika kita mengerjakan tepat waktu dan tidak pernah bolong, Allah Ta'ala pasti akan senang dan memberi kita pahala.
  5. Sholat adalah Waktu Istirahat Umat Islam

    Bukan membuat lelah, sholat justru sebagai waktu istirahat bagi orang-orang yang beriman dan mengerjakan sholat. Betapa tidak, sholat itu ada di tengah-tengah kesibukan kita. Kita bisa beristirahat dari kesibukan duniawi kita dengan sholat ini. Selain mengandung nilai ibadah, semua gerakan dalam sholat juga bagus untuk kesehatan. Allah Ta'ala sudah mengatur semuanya.
  6. Sholat Mengobati Kegelisahan

    Katakan pada anak bahwa saat hati sedang gelisah, ambillah wudhu dan lakukan sholat. Pasti ada rasa tenang dari sebelum sholat dengan setelah sholat. Mungkin awalnya belum terasa, tapi setelah menjadi kebiasaan akan sangat menyenangkan. Bahkan ketika tidak sholat atau saat sholat tidak tepat waktu, ada yang kurang di hati.
  7. Sholat itu Mempermudah Datangnya Rezeki

    Sholat itu mempermudah datangnya rezeki, berikan contoh sholat dhuha yang dapat memudahkan kita memperoleh rezeki. Tentu saja kita tetap harus berusaha untuk memperoleh rezeki itu, tapi dengan sholat juga Allah Ta'ala akan memudahkan jalan kita memperoleh rezeki. Dan kita tidak akan dibiarkan oleh Allah Ta'ala kelaparan, karena rezeki bisa datang dari berbagai cara sesuai kehendak Allah Ta'ala.
  8. Sholat Buat Kita Sehat

    Sholat terdiri dari gerakan-gerakan yang teratur. Gerakan sholat ini tidak asal loh! Dan semua gerakan sholat itu ada manfaatnya bagi kesehatan. Ini sudah terbukti secara ilmiah. Jika ingin sehat, maka lakukan sholat!
Itulah jawaban cerdas agar anak mau sholat. Selamat mencoba!
Jawaban Paling Tepat ketika Ditanya "Kenapa Kita Harus Sholat setiap Hari?" Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top