Selasa, 05 Juli 2016

Kenapa Kamu Minder? Ini yang Harus Kamu Pahami!

loading...
Tak semua orang memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Rasa percaya diri dibentuk dari diri sendiri dan lingkungan. Jika lingkungan mendukung seseorang untuk menjadi percaya diri, maka orang tersebut akan mudah beradaptasi dan percaya diri.

Kebalikan dari percaya diri adalah minder. Ini yang paling banyak dimiliki oleh orang-orang. Orang minder mungkin karena fisik, kondisi hidupnya, tidak mampu beradaptasi, dan berbagai faktor lainnya. Kalau kamu masih minder, kamu harus memamahi beberapa hal.

Inilah yang harus kamu pahami kenapa kamu masih merasa minder :
  1. Kamu Terlalu Sering Berkata "Maaf" untuk Apa yang Kamu Lakukan ataupun tidak, dan selalu Merasa Bersalah

    Terlalu sering berkata maaf / Gambar via usabilitygeek.com
    Berkata maaf memang perlu, apalagi kita manusia yang sering melakukan kesalahan. Namun, jika kata maaf diucapkan berulah kali bahkan ketika kamu tidak melakukan kesalahan, itu yang tidak baik. Hal ini akan menjadikan dirimu terbebani dan selalu merasa bersalah. Berkata maaf itu baik dan merasa bersalah itu juga baik, tapi jangan sampai membebani hati dan tak perlu berkali-kali.
  2. Ketika Sukses dalam Suatu Hal, Kamu Menganggap itu hanya Kebetulan, padahal itu Kerja Kerasmu Sendiri

    Merasa tidak enak ketika dipuji / Gambar via howafrica.com
    Jangan merasa selalu kebetulan ketika kamu sukses melakukan suatu hal dan malah menjadi tidak nyaman ketika menerima pujian. Hargailah kerja kerasmu hingga kamu bisa mencapai kesuksesan, bukannya merasa tak nyaman. Tapi, jangan terlalu menghargai diri hingga membuatmu sombong.
  3. Kamu Merasa Kritik adalah Hal yang Membuatmu Down, padahal itu dapat Membangun Dirimu menjadi lebih Baik

    Merasa bahwa kritik membuatmu down / Gambar via bishie--kun.deviantart.com
    Ketika memperoleh kritik, jangan merasa kamu itu yang terburuk. Senanglah ketika menerima kritik karena kritik dapat membangun dirimu menjadi lebih baik lagi kedepannya. Kamu perlu pendapat orang lain juga bukan?
  4. Selalu Mundur sebelum Mencoba

    Takut untuk mencoba / Gambar via stevenaitchison.co.uk
    Ketika kamu ingin mencoba sesuatu, jangan mundur dulu sebelum mencoba hanya karena orang yang kamu rasa lebih baik tidak bisa mencapainya. Kamu tidak akan tahu apakah yang akan terjadi sebelum mencobanya. Bisa saja dia yang terlihat lebih baik darimu gagal, tapi kamu berhasil. Jika ingin berhasil, cobalah dahulu.
  5. Terlalu Memikirkan apa yang Orang Pikirkan tentang Kamu

    Terlalu memikirkan apa yang orang lain pikirkan / Gambar via globallegalpost.com
    Terkadang kita merasa terganggu denga pendapat orang lain tentang kita. Takut akan dimusuhi, ditinggalkan, dianggap remeh, dan ketakutan lainnya memang wajar, tapi jangan kamu terlarut dalam hal tersebut. Pertimbangkan lagi untuk selalu memikirkan apa yang orang lain pikirkan.
  6. Setiap Orang Memiliki Kelebihan dan Kekurangan Masing-masing, jadi jangan Galau jika tidak Bisa menjadi seperti Orang Lain

    Orang memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri / Gambar via nailsmag.com
    Jangan terlalu sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Ingat bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Kamu yang merasa lebih buruk dari orang lain belum tentu memang buruk.
  7. Demi Menghindari Konflik, Kamu Merasa Semua Baik-baik saja Meskipun Kamu menjadi Salah Satu yang Terluka

    Selalu berkata setuju meski hati terluka / Gambar via stashriot.com
    Kamu merasa pendapat orang lain itu baik dan meskipun kamu tak setuju tapi orang lain setuju, kamu akan berkata setuju juga. Bagimu tak masalah jika kamu terluka, asalkan yang lain tetap bahagia dan tak terjadi konflik.
Rendah hati memang baik, tapi jangan selalu menyalahkan diri dan merasa minder dengan dirimu sendiri. Percaya dirilah karena hal itu akan membuatmu bahagia.
Kenapa Kamu Minder? Ini yang Harus Kamu Pahami! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top