Kamis, 21 Juli 2016

Kenapa Kita Perlu Segera Membayar Hutang? Ini Alasannya!

loading...
Mungkin sekarang ini, orang yang tidak memiliki hutang sama sekali sudah sangat jarang. Bahkan mungkin yang tidak punya hutang sekarang, dulu pernah memiliki hutang, dan sekarang sudah lunas. Kini membeli berbagai barang bisa dengan sangat mudah dengan hutang, beli sekarang dan dicicil pembayarannya.

Memang di dalam Islam tidak ada larangan berhutang, tapi jika tidak memiliki hutang bukankah itu lebih baik dan melegakan? Ada orang yang tepat dalam membayar hutang, ada juga yang ditagih berkali-kali baru mau bayar, ada yang merasa sangat menyesal berhutang, ada juga yang bahkan melupakan hutang. Hutang itu memiliki kewajiban untuk segera melunasinya, mengapa ya?
Bayar hutang / Gambar via money.usnews.com
Inilah sikap baik seseorang dalam membayar hutang :
  1. Mengutamakan Melunasi Hutang daripada Gaya Hidup

    Ada orang yang tetap memiliki gaya hidup mewah meskipun hutangnya menumpuk dimana-mana. Hal ini karena tidak bisa menahan diri untuk mengikuti gaya hidup. Sebaiknya, utamakan melunasi hutang dulu baru setelah hutang lunas bisa memilih gaya hidup mewah.
  2. Tepat Waktu Sesuai dengan Perjanjian

    Orang yang dapat menepati janji membayar hutang adalah sebaik-baik orang. Jika ia baru bisa membayar tanggal 20, maka katakanlah tanggal 20, jangan tanggal 17.
  3. Jangan Menghindar jika belum Bisa Membayar

    Jika memang belum bisa membayar hutang, katakan saja belum bisa dan minta maaflah karena belum bisa membayar di tanggal yang sudah ditentukan. Jangan sampai menghindar bahkan menghilang tanpa kabar.
Hutang itu seperti janji, kita wajib membayarnya berapapun itu. Hutang yang banyak maupun sedikit wajib dibayar. Semoga, kita selalu diberi kemudahan oleh Allah Ta'ala untuk dapat melunasi hutang.
Kenapa Kita Perlu Segera Membayar Hutang? Ini Alasannya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top