Kamis, 21 Juli 2016

Keracunan Makanan? Inilah Tips agar tidak Mengalaminya!

loading...
Sering kita melihat berita di TV mengenai keracunan makanan. Mereka yang keracunan akan mengalami pusing, sakit perut, suhu badan tinggi, mual dan muntah, badan lemas, hingga diare. Tentu ini sangat tidak nyaman bagi tubuh.

Biasanya keracunan makanan disebabkan karena makanan yang dikonsumsi sudah kadaluarsa. Sebenarnya, keracunan bisa dicegah dengan beberapa cara, tak hanya untuk makanan yang sudah ada tanggal kadaluarsanya tapi juga untuk makanan yang tidak ada tanggal kadaluarsanya.

Inilah tips agar tidak mengalami keracunan makanan :
  1. Jangan Meninggalkan Sisa Makanan

    Sebaiknya, jangan meninggalkan makanan pada suhu kamar berjam-jam. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya racun makanan. Makanan yang dibiarkan pada suhu antara 5 sampai 60 derajat celcius akan dengan mudah terjangkit spora atau racun.
    Sisa makanan / Gambar via themountainkitchen.com
    Bakteri yang menyebabkan keracunan makanan adalan clostridium perfringens. Untuk makanan dalam bentuk nasi, sup, atau saus yang tersisa dapat muncul bakteri bacillus.
  2. Panaskan kembali Sisa Makanan

    Memanaskan kembali sisa makanan / Gambar via healthyfoodhouse.com
    Ada kalanya makanan yang kita makan sebelumnya tidak habis semuanya, oleh karena itu disarankan untuk memanaskan kembali. Spora yang menyebabkan racun pada makanan tidak dapat hidup setelah dipanaskan, begitu juga ketika dimasukkan ke dalam kulkas.
  3. Waspada pada Unggas yang Kurang Masak

    Daing ayam / Gambar via thepoultryguide.com
    Hati-hati ketika memasak makanan berbahan unggas, terutama ayam dan itik. Keduanya mengandung bakteri campylobacter, dimana bakteri ini menyebabkan 500.000 kasus keracunan makanan di negara Inggris.
  4. Waspada Daging Cincang

    Daging cincang / Gambar via sacome.com
    Sama halnya dengan unggas, daging cincang juga perlu diwaspadai terutama dalam proses penggilingannya. Lebih bahaya lagi jika sang juru masak kurang terampil mengolah daging cincang tersebut, misalnya saja dagingnya kurang matang.
  5. Selalu Mencuci dan Membersihkan Makanan

    Cuci bersih sayur dan buah sebelum dimasak / Gambar via blackpatient.com
    Ini yang terpenting, selalu menjaga kebersihan makanan sebelum diolah. Karena, tak hanya daging dan unggas yang banyak mengandung bakteri, tapi buah dan sayur pun berisiko besar terkontaminasi racun jika tidak dicuci bersih.
Mulai sekarang, perhatikan makanan yang akan kita makan ya. Bukan hanya saat kita makan, tapi juga cara pengolahan dan cara mengatasi sisa makanan.
Keracunan Makanan? Inilah Tips agar tidak Mengalaminya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top