Minggu, 31 Juli 2016

Mencuci dengan Mesin Cuci sambil Olahraga? Cara Praktis Sehat dan Bersih!

Salah satu kebutuhan tubuh manusia adalah olahraga. Dengan berolahraga, kita dapat menjadi lebih sehat, dan tak jarang dengan olahraga orang-orang jadi dapat menjaga berat badannya tidak berlebihan.

Berbicara mengenai kesehatan, tak lepas dari masalah kebersihan, karena dengan bersih akan tercipta lingkungan yang sehat. Kebersihan dimulai dari yang melekat pada diri kita, yaitu baju.
Ramya Jose / Gambar via taxifabric.org
Sekarang ini, kamu bisa mencuci baju dengan mesin cuci sekaligus olahraga bersepeda. Mesin cuci unik ini diciptakan oleh Remya Jose, seorang remaja berusia 14 tahun asal Kizhattoor Panchayat, India. Jose membuat mesin cuci yang dapat digunakan tanpa dialiri listrik, melainkan mesin cuci itu bergerak ketika pedal yang menyatu dengan mesin itu diputar.

Ia mempelajari cara kerja mesin cuci elektrik, kemudian mengganti tenaga listrik tadi dengan tenaga manusia melalui pedal. Ia terinspirasi membuat mesin cuci ini ketika ia dan saudari kembarnya harus mengerjakan pekerjaan rumah tangga saat sang ibu sakit.

Biasanya, ibu Jose harus pergi ke sungai untuk mencuci. Jika harus pergi ke sungai untuk mencuci, itu tidak efisien dan jika menggunakan mesin cuci elektrik maka akan boros energi.

Oleh karena itulah Jose terinspirasi membuat mesin cuci yang dapat bekerja dengan digerakkan pedal. Mengenai spare part yang dibutuhkan, ia meminta bantuan sang ayah karena ayahnya lebih mengerti tentang mesin.

Kabin mesin cuci dibuat dari bahan aluminium, kemudian bagian lainnya memakai pedal dan rantai sepeda bekas. Dalam sekali cuci, mesin ini mampu menampung lima hingga enam potong pakaian dan harus dikayuh selama 10 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Karena inovasinya ini, mantan presiden Abdul Kalam memberinya penghargaan. Dan temuan Jose ini akan mendapatkan hak paten serta ia ditawari bekerja di yayasan inovasi nasional di India yang bertugas untuk membuat inovasi lain bagi masyarakat.

Wah hebat ya gadis ini!
Mencuci dengan Mesin Cuci sambil Olahraga? Cara Praktis Sehat dan Bersih! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top