Kamis, 21 Juli 2016

Mengapa Menentukan Prioritas itu Penting?

Profesi apapun yang kita jalani saat ini, tentu saja semua membutuhkan prioritas. Prioritas adalah hal yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Prioritas dinilai pekerjaan yang paling penting daripada pekerjaan yang lainnya.

Misalnya seorang mahasiswa yang dikejar deadline skripsi, ia harus memprioritaskan kebutuhan skripsinya daripada kebutuhan yang lain. Karena pentingnya ini, kita harus bisa membuat jadwal prioritas agar kita tahu daftar yang harus dilakukan terlebih dahulu.
Buat daftar prioritas / Gambar via solutionsforintimacy.com
Cara menentukan prioritas bisa dilakukan dengan menuliskan pada sticky note. Yang pertama kali dilakukan adalah menulis semua aktivitasmu. Dengan ini, kita bisa tahu semua aktivitas yang akan kamu lakukan dalam satu minggu kedepan.

Selanjutnya, tentukan tujuan utama dari aktivitas satu minggu tersebut. Kalian bisa mempertimbangkan mana yang harus dilakukan lebih dulu dengan melihat deadline terdekat dari semua aktivitas yang sudah kamu tulis. Kamu bisa menempatkan yang harus segera selesai di hari-hari awal minggu.

Kemudian, bagi aktivitas ke dalam beberapa kategori, misalnya kategori mendesak, penting, sedang, dan tidak penting. Untuk kategori mendesak tentu saja harus segera kamu selesaikan. Kemudian selesaikan untuk kategori penting.

Kamu bisa membuat jadwal kapan harus mengerjakan aktivitasmu tersebut. Jadwal bisa kamu tulis hari dan waktunya agar kamu lebih teratur mengerjakannya. Dan yang terakhir dan paling penting adalah disiplin dalam mengikuti daftar aktivitas. Jika kamu disiplin mengikuti daftar yang sudah kamu buat, tugas dan deadlinemu semua dapat terselesaikan sesuai dengan jadwal.

Namun sayangnya, ada saja hal yang membuatmu gagal mengikuti daftar prioritas yang sudah kamu buat. Kamu gagal mengikuti daftar karena tidak bisa membedakan mana yang harus diprioritaskan. Kalian menjadi bingung dan malah menyerah dengan aktivitas-aktivitas tersebut.

Godaan ketika mengikuti daftar sudah pasti ada, dan yang membuatmu tidak bisa mengikuti daftar yang sudah dibuat adalah adanya gangguan, misalnya ajakan bermain teman, bermain game, tidur, dan yang lainnya.

Penyakit terakhir adalah menunda. Ini adalah yang paling sering terjadi dan dialami oleh banyak orang. Jadi, disiplin tadi sangat diperlukan agar kita tidak menunda-nunda prioritas kita.

Itulah mengapa prioritas itu penting kita lakukan.
Mengapa Menentukan Prioritas itu Penting? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top