Senin, 25 Juli 2016

Miris! Cara Menghasilkan Uang dari Musik ini Malah Sudah Terabaikan

Sebelum era tahun 2000an, orang-orang rela membayarkan sejumlah uang hanya untuk menikmati musik. Namun sekarang, tinggal beberapa klik atau tap jari saja kita sudah dapat mendengarkan musik secara gratis. Apakah ini berarti karir sebagai pemusik sudah selesai?

Tentu tidak, ini artinya untuk kamu yang berkecimpung di dunia musik harus memiliki ide kreatif untuk dapat mempromosikannya dengan baik. Sayangnya, hal-hal yang dapat menghasilkan uang dari musik ini justru terabaikan. Apa saja itu?
Musisi / Gambar via ourtravelpics.com
Inilah cara menghasilkan uang dari musik yang sudah terabaikan :
  1. Dapatkan Sinkronisasi (Sync License)

    Sinkronisasi bisa juga disebut dengan penempatan, mengacu pada musik yang digunakan untuk media seperti acara TV, film, atau iklan komersil. Situs sinkronisasi yang direkomendasikan salah satunya adalah Pompa Audio, cukup kirimkan dua lagu untuk mendapatkan kesempatan. Setelah itu, kamu bisa menambahkan lagu sebanyak-banyaknya.
  2. Fiverr

    Fiverr merupakan komunitas online, dimana orang-orang dapat menjual musik mereka mulai dari harga $5. Tempat ini dapat membuat musisi berkembang pesat dan lagunya mudah dikenal.
  3. YouTube IDS

    Zaman sekarang ini YouTube sudah menjadi situs favorit netter. Musisi bisa memanfaatkan situs ini untuk menempatkan musik yang dibuat. Selain itu, di dalam YouTube juga ada sistem Content ID yang dapat menemukan dimana lagu yang kamu ciptakan sedang digunakan di YouTube.
  4. Super Fans

    Tak ada gunanya jika musik kamu bagus tapi tak ada yang menyukainya, ini berarti tak ada yang mau mendengarkan musikmu. Hal yang paling penting adalah penggemar. Memelihara penggemar memang tak mudah, ini butuh kerja keras. Tapi kerja keras itu akan terbayar ketika kamu memiliki penggemar yang loyal, yang akan melakukan apapun untukmu.
  5. Berikan Musik Secara Gratis, tapi Lakukan dengan Cantik

    Kamu bisa memberikan musik yang kamu ciptakan secara gratis, baik itu melalui media online maupun langsung dengan cara membagikan CD. Tapi, kamu harus menyajikan musik itu lebih cantik, berbeda dari yang lain.
  6. Menjual Merchandise

    Sebagai musisi, kamu harus bisa menciptakan merchandise yang asli dari bandmu. Penggemar menginginkan barang asli dari musisi kegemarannya. Kamu bisa menciptakan kaos, topi, sepatu, atau hal lain yang asli dari bandmu.
  7. Musisi Dibayar Royalti Setiap Harinya, Begitu Juga dengamu

    Musisi akan dibayar ketika kamu mendengarkan musik di dalam lift. Di Indonesia, organisasi yang mengurus royalti bagi musisi disebut dengan Lembaga Manajemen Kolektif (LMK). Kamu bisa cari di Google LMK mana yang dapat dipakai.
  8. Berinvestasi pada Diri Sendiri

    Ketika kamu mengeluarkan uang untuk musikmu, itu adalah investasimu untuk dirimu sendiri. Jangan takut, karena suatu saat nanti kamu akan menemukan keuntungannya.
Jadi, bukan alasan lagi bahwa musisi telah tamat karirnya!
Miris! Cara Menghasilkan Uang dari Musik ini Malah Sudah Terabaikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top