Kamis, 14 Juli 2016

Ngeri! Flashdisk Perusak dapat Membakar Laptop, PC, serta TV!

loading...
Siapa yang tak kenal USB stick atau biasa kita sebut dengan flashdisk? Tentu semua orang kenal, pernah, dan bahkan sering menggunakannya. Memang flashdisk selain dapat digunakan untuk menyimpan data, juga dapat digunakan untuk memutar lagu, film, ataupun video di perangkat yang mendukungnya. Kapasitas flashdisk pun kini semakin banyak saja, bahkan ada yang sampai 512 Gb.

Karena murahnya harga flashdisk serta kepraktisannya, orang cenderung menyimpan data di flashdisk. Tapi sayangnya, ada kabar bahwa terdapat flashdisk yang dapat membakar perangkat seperti laptop, komputer, TV, kamera, atau perangkat lain ketika dicolokkan.
Hati-hati mencolokkan flashdisk / Gambar via bossiri.com
Kabarnya, orang Rusia telah membuat USB stick yang dapat langsung menghanguskan perangkat ketika dicolokkan. Cara kerja USB stick ini adalah dengan mengubah arus kecil menjadi arus besar, yaitu 220 volts.

Padahal, USB stick hanya dialiri listrik 5 volts dan kamu dapat membayangkan apa jadinya bila dialiri listrik 220 volts, maka perangkat yang dipasangi USB stick ini akan hangus dan terbakar, malah dapat meledak juga.

USB stick ini mampu melumpuhkan hampir semua peralatan yang dilengkapi dengan interface USB Host. Seperti osiloskop di meja dengan USB port, hampir semua smartphone juga mendukung mode USB, termasuk juga TV, router, modem, dan perangkat lainnya.

Kabar baiknya, USB stick ini hanya merusak perangkat elektronik saja, sedangkan data yang ada di dalamnya tetap terjaga. Namun, hal ini tetap berisiko dan sebaiknya tidak memasang USB stick yang asalnya tidak diketahui ke dalam perangkat.

Mulai sekarang, hati-hati sebelum mencolokkan flashdisk ya!
Ngeri! Flashdisk Perusak dapat Membakar Laptop, PC, serta TV! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top