Jumat, 08 Juli 2016

Pastikan Semua Datamu Sudah Bersih sebelum Menjual Smartphone Android dengan Cara ini!

loading...
Sebelum menjual smartphone, pasti yang kamu lakukan adalah menghapus seluruh data atau memindahkannya ke gadget lain milikmu. Ini tentu saja bertujuan agar semua rahasiamu yang ada di smartphone tidak bisa tersebar ke orang yang membeli smartphone mu nantinya.

Biasanya kamu hanya melakukan factory reset, atau pengembalian ke menu bawaan pabrik. Padahal ini saja tidak cukup, karena jika hanya melakukan factory reset, data yang kamu miliki tidak hilang melainkan hanya berpindah ke ruang kosong yang ada di smartphone.
Bersihkan data sebelum menjual smartphone / Gambar via techpolicydaily.com
Oleh karena itu, kamu perlu melakukan cara yang tepat agar datamu tidak dapat dikembalikan lagi dan tentu saja rahasiamu akan aman karena sudah tidak ada di handphone.

Inilah cara menghapus data hingga bersih sebelum menjual smartphone android :
  1. Enkripsi

    Meng-enkripsi perangkat android dapat dilakukan untuk membuat datamu terkunci dan teracak dengan sangat aman. Hanya dengan dekripsi saja baru dapat membuka data. Untuk perangkat android Marshmallow, kamu akan diminta Google untuk melakukan enkripsi demi keamanan maksimum.

    Untuk android Lollipop atau tipe bawahnya, harus dilakukan enkripsi dengan cara, Settings > Security > Encrypt Phone, baru lakukan factory reset.
  2. Timpa dengan Data Sampah

    Setelah melakukan factory reset, timpa dengan data-data sampah. Misalnya kamu merekam video hingga ruang penyimpanan habis, lalu kamu enkripsi dan factory reset lagi.
  3. Ulangi dan Ulangi

    Kalau kamu masih belum tenang dengan melakukannya sekali, kamu bisa melakukannya berkali-kali. Hal ini dilakukan supaya banyak sampah yang menimpa smartphone mu. Tapi cukup dengan enkripsi data dan factory reset sebenarnya sudah cukup.
Sekarang, jika kamu ingin menjual smartphone androidmu, kamu bisa tenang karena sudah tahu cara menghilangkan datanya dan menghapus jejak data-datamu.
Pastikan Semua Datamu Sudah Bersih sebelum Menjual Smartphone Android dengan Cara ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top