Sabtu, 30 Juli 2016

Pelit Ilmu? Rasakan Azab Menyakitkan ini!

Salah satu sifat buruk yang dimiliki manusia adalah pelit. Pelit menjadikan orang tersebut tak rela memberi orang lain. Pelit tak hanya dalam hal harta, benda, ataupun makanan. Tapi juga pelit dalam hal yang tak berwujud, seperti ilmu.

Bagi sebagian orang, ilmu itu mahal harganya. Oleh sebab itu, mereka tak mau membagikan ilmunya secara cuma-cuma. Ada juga yang membagikan ilmu, tapi memasang tarif untuk ilmu yang diberikan. Ini menjadikannya pelit dan hanya setengah-setengah membagikannya.
Jangan pelit ilmu / Gambar via gbtimes.com
Membagi ilmu sama juga dengan sedekah. Memberi ilmu dengan ikhlas sangat baik dan bermanfaat, apalagi jika ada orang yang berhasil karena ilmu yang telah kita ajarkan. Tapi ingat, tetap jangan sombong.

Kebanyakan orang yang tidak mau membagikan ilmunya, karena mereka takut tersaingi. Mereka takut ilmu yang diberikan akan habis dan orang tersebut jadi lebih hebat darinya. Mereka yang pelit tak rela dengan hal itu. Padahal, di dalam hadits Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam mengatakan azab yang pedih bagi orang yang pelit.

"Barang siapa yang ditanya tentang suatu ilmu pengetahuan lalu ia menyembunyikannya, maka pada hari kiamat kelak Allah Ta'ala akan mengekangnya dengan kekang api neraka." (HR Abu Dawud dan Tirmidzi)

Mengerikan bukan? Betapa pedihnya siksaan itu. Tentu kita tak mau mengalaminya kan? Oleh karena itu, jangan pelit mengenai ilmu kebaikan.

Jika ilmu yang kita berikan diamalkan oleh orang tersebut, maka ilmu itu akan menjadi amalan kita yang tak terputus hingga kita mati. Tentu kita ingin memiliki penyelamat ketika sudah di akhirat.

Mulai sekarang, jangan pelit dalam membagikan ilmu kebaikan. Semua yang kita dapatkan berasal dari Allah Ta'ala, Allah Ta'ala pun akan senang jika ilmu yang dianugerahkan kepadamu digunakan dengan baik dan tidak pelit dibagikan kepada orang lain.
Pelit Ilmu? Rasakan Azab Menyakitkan ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top