Kamis, 28 Juli 2016

Penasaran Bagaimana Dosen Tahu Tugasmu Copas atau tidak? Ternyata ini Rahasianya!

Sekarang ini adalah era komputerisasi, dimana-mana menggunakan komputer. Media cetak pun berasal dari komputer dan internet. Seperti tugas-tugas yang sering kita cari lewat internet.

Sebagai mahasiswa, sudah tak asing lagi ketika tugas yang diberikan dosen adalah hasil copas (copy paste) dari internet. Apalagi bagi mereka yang mengerjakan tugas di jam-jam terakhir sebelum dikumpulkan. Namun begitu, masih ada juga dosen yang tidak tahu apakah hasil tugas itu asli buatan sendiri atau hasil copas.
Plagiarism checker / Gambar via pagely.com
Ternyata, untuk mengetahui hasil tugas itu copas atau tidak bisa dicari di internet loh! Ada tools dan website yang dapat menganalisa apakah itu hasil copas atau tidak. Yaitu melalui website Plagiarism Checker. Setelah itu copy tulisan dan kemudian paste pada kolom, terakhir adalah masukkan security code nya.

Jika artikel tersebut asli plagiat, maka tulisannya akan merah dan ini juga berlaku jika ada kalimat yang melanggar. Sedangkan untuk yang tidak melanggar dan tidak plagiat, maka tulisannya berwarna hijau.

Yang perlu diperhatikan dengan tools ini adalah jika hasil Unique dibawah 80%, kemungkinan kamu tidak lolos plagiarism. Sedangkan jika Unique di atas 80% maka kemungkinan lolos plagiarism. Tapi kamu juga harus mengecek lagi mana yang plagiat karena besar kemungkinan mahasiswa telah mengeditnya. Usahakan semua Unique adalah 100% dan tidak ada tanda plagiarism merah.

Selain itu, untuk mengecek plagiarized tinggal enter saja tanda Plagiarized atau kalimat yang melanggar, maka akan dialihkan ke website yang memuat kalimat copas tersebut.

Karena maraknya kasus plagiarisme ini, seharusnya pihak universitas harus mengadakan pelatihan kepada dosen tentang plagiarism. Gunakan juga tools Premium untuk mengecek plagiarism, bukan tools gratisan yang kemampuannya terbatas.

Dosen pun harus lebih pintar dari mahasiswa agar tidak mudah dibodohi dengan kasus plagiarisme ini dan yang penting adalah harus ada database yang dapat diakses otomatis untuk mengecek skripsi baru apakah plagiat dari skripsi lama.
Penasaran Bagaimana Dosen Tahu Tugasmu Copas atau tidak? Ternyata ini Rahasianya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top