Sabtu, 02 Juli 2016

Stop! Hentikan Cara Memerangi Kuman yang Sia-sia ini!

loading...
Banyak yang percaya bahwa tempat-tempat umum merupakan sarang penyakit. Terutama tempat kotor seperti toilet dan tempat sampah, disana banyak sekali kuman dan bakteri. Tak hanya itu, gagang pintu, kursi dan meja, serta tempat lain pun tak berarti bebas dari kuman dan penyakit.

Karena takutnya akan terserang kuman, orang melakukan hal-hal yang unik. Misalnya saja ketika memegang flush toilet, kita menggunakan tisu supaya terhindar dari kuman. Dengan cara itu, apakah benar-benar efektif menghindari kuman?
Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir adalah cara tepat menghindari kuman / Gambar via wellnessowners.com
Inilah cara menghentikan kuman yang sia-sia :
  1. Menahan Nafas saat Orang Bersin di dekat Kita

    Jika hanya menahan nafas beberapa saat saja, itu tidak akan membantu. Kecuali jika kamu mampu menahan nafas yang sangat lama dan pergi ke suatu tempat tetap dalam keadaan menahan nafas, itu mungkin membantu. Karena, kuman dari air liur dapat bertahan lama di udara.
  2. Memakai Sarung Tangan untuk Menyentuh ATM

    Memakai sarung tangan untuk menyentuh ATM memang tidak akan membuat jari kamu terkena langsung oleh kuman, karena kuman akan menempel di sarung tangan. Tapi, ketika melepas sarung tangan maka kuman tersebut akan berpindah ke tanganmu.

    Beruntungnya, kuman flu yang biasanya ada di udara akan mati setelah satu hari. Jadi, jika kamu menyimpan sarung tanganmu di tempat kering selama satu hari dan tidak menggunakannya atau menjemurnya di bawah sinar matahari, itu bisa membunuh kuman.
  3. Menggunakan Kaki untuk Menyiram Toilet

    Kalau kaki untuk menyiram toilet saja hal itu kurang efektif karena kamu pasti akan menyentuh gagang pintu dan kran dengan tangan, kecuali jika kamu juga menggunakan kaki untuk melakukan hal lain tersebut.

    Jika ingin terbebas dari virus, gunakan tisu untuk membuka kran dan melapisi gagang pintu. Lalu gunakan sabun dan air hangat untuk membersihkan tangan dan setelah keluar toilet gunakan cairan antiseptik juga.
  4. Melayang di atas Dudukan Toilet

    Melayang di atas dudukan toilet pasti ada yang pernah melakukannya, dengan alasan agar kulit tidak bersentuhan langsung dengan dudukan toilet. Hal ini tidak membuatmu terhindar dari kuman, karena percikan air ketika menyiram masih dapat menyentuh kulitmu.
  5. Berbagi Minuman, tapi Menyingkirkan Sedotan Bekas Orang Lain

    Hal ini bisa mengurangi tapi kurang efektif, karena bisa saja virus yang sudah bercampur di air liur masuk ke minuman. Sebaiknya jangan berbagi minuman atau makanan dengan orang lain dalam satu wadah.
Bagus jika kita waspada akan kuman agar kita lebih sehat. Tapi, cara tepat untuk terhindar dari kuman adalah selalu mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir. Selain itu, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut terlalu sering.
Stop! Hentikan Cara Memerangi Kuman yang Sia-sia ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top