Jumat, 01 Juli 2016

Sudah Suci dari Haid sebelum Subuh tapi belum Mandi Wajib, Apakah Boleh Berpuasa?

loading...
Semua umat Islam pastinya ingin puasanya di bulan Ramadhan penuh satu bulan. Itu hal yang mungkin terjadi bagi laki-laki, karena tak ada halangan yang datang setiap bulannya. Namun bagi perempuan, harus menerima kenyataan bahwa ada halangan setiap bulan yang mengharuskannya tidak berpuasa.

Dalam hal ini, sebelum berpuasa para wanita yang haid harus suci terlebih dahulu. Benar-benar suci dari haid dan diharuskan mandi besar untuk mensucikannya. Namun, apabila ketika sebelum subuh atau saat sahur sang wanita haid sudah selesai masa haidnya, kemudian ia berniat ikut puasa, namun belum mandi wajib, apakah hal itu diperbolehkan?
Mandi / Gambar via prevention.com
Puasa seorang wanita yang haid tetap sah meskipun ia belum melaksanakan mandi wajib. Asalkan ia yakin sudah suci dan niat berpuasa sebelum subuh, walaupun niatnya itu di saat satu menit sebelum subuh misalnya. Namun, ketika ia berniat ketika subuh atau setelah subuh, maka puasanya tidak sah.

Begitu pula dengan seorang wanita yang akan berpuasa setelah haid, tapi ia ragu-ragu apakah sudah suci atau belum. Namun, ia ikut berpuasa maka puasa yang ia lakukan tidak saha dan ia harus mengganti puasa di kemudian hari.

Mengenai hal ini, Syaikh Muhammad bin Shalih Al-'Utsaimin rahimahullah pernah ditanya tentang seorang wanita yang berpuasa dalam keadaan ragu-ragu sudah suci atau belum dari haid. Bagaimana jika di pagi hari ia mendapati dirinya sudah suci, apakah puasanya dianggap sah padahal sebelumnya masih ragu-ragu tentang suci atau tidaknya ia dari haid.

Sang Syaikh kemudian menjdawab, "Puasanya tidak dianggap. Puasa ketika itu wajib diqadha' (diganti). Karena asalnya haidnya masih ada dan ketika itu masuk puasa dalam keadaan tidak yakin sudah suci. Padahal untuk masuk puasa harus dalam keadaan yakin suci. Itulah yang menyebabkan puasanya tidak dianggap." (Majmu' Fatawa Syaikh Ibnu 'Utsaimin, 19: 107)

Kenapa belum mandi besar tapi sudah boleh puasa? Alasannya adalah karena sudah suci. Yang terpenting adalah sudah suci dari haid. Hal ini terjadi juga pada Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam. Sang Istri, 'Aisyah radhiyallahu 'anha berkata, "Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam pernah menjumpai waktu fajar di bulan Ramadhan dalam keadaan junub bukan karena mimpi basah, kemudian beliau Shallallahu 'Alaihi wa Sallam mandi dan tetap berpuasa." (HR. Muslim, No. 1109)

Jadi, ketika sudah suci, segeralah mandi dan jangan menunda-nunda lagi. Apalagi menghabiskan waktu sholat sehingga habis waktu sholatnya. Agar kita juga tidak terlalu banyak meninggalkan puasa.
Sudah Suci dari Haid sebelum Subuh tapi belum Mandi Wajib, Apakah Boleh Berpuasa? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top