Selasa, 05 Juli 2016

Ternyata Tidur Ayam Baik untuk Kesehatan Loh!

loading...
Pernah mendengar istilah tidur ayam? Dalam bahasa Inggris tidur ayam biasanya disebut dengan NAP atau tidur singkat. Tidur singkat ini adalah tidur dalam waktu singkat dengan memutus tidur sebelum masuk ke dalam fase tidur lelap atau slow wave sleep. Tujuannya untuk memulihkan kesegaran dalam waktu singkat dan biasanya terjadi hanya 30 menit, paling sedikit 6 menit.

Mungkin kita merasa ini hanya sebentar tak berefek apa-apa, bahkan kita merasa kurang dengan tidur yang singkat. Tapi, manfaatnya sangat banyak selain untuk kesegaran tubuh loh. Tapi kamu harus memperhatikan beberapa hal ketika melakukan NAP.
Tidur ayam / Gambar via YouTube World Viewers Stop
Cara melakukannya dengan baika dalah dilakukan pada waktu siang hari, jangan dilakukan terlalu sore karena akan membuatmu susah tidur di malam hari. Selain itu, lakukan juga di jam yang sama di hari kemudian.

Lakukan di tempat yang nyaman, misal di ruang kelas atau di ruang kantor, bisa juga dilakukan di perpustakaan yang tempatnya tenang. Kalau dilakukan di tempat tidur malah membuatmu terlalu nyaman dan bukan NAP namanya, tapi tidur panjang. Tidurlah senyaman mungkin dengan bersandar atau dengan tidur di atas meja.

Tidur dalam keadaan gelap lebih baik, karena akan membuatmu lebih mudah nyenyak. Kamu juga harus melakukannya dengan tenang agar tidurmu berkualitas. Dan yang terpenting adalah pasang alarm atau minta teman untuk membangunkan. Lebih baik antara 6 sampai 30 menit, atau yang pas adalah 20 menit. Jika terlalu lama manfaatnya akan hilang dan kamu akan merasa lemas.

Lalu, apa saja manfaatnya?
  1. Memperbaiki Mood

    Kekurangan tidur dapat membuat orang bad mood. Oleh karena itu, kamu butuh energi untuk mengisi ulang mood kamu agar kembali fresh.
  2. Mencegah Ngantuk Berlebihan

    Power NAP bisa membuatmu tidak tergantung pada kopi, karena kamu dapat menghilangkan rasa kantuk berlebihanmu dengan tidur ayam ini. Bahkan power NAP lebih ampuh daripada kopi atau minuman berkafein lainnya.
  3. Mengurangi Stres

    Rutin melakukan power NAP dapat menurunkan hormon stres dalam tubuh. Ini karena power NAP membawa relaksasi bagi tubuh dan otak sehingga mengurangi tekanan yang dirasakan.
  4. Meningkatkan Stamina

    Tidur selama 20 menit setelah terbangun selama delapan jam lebih efektif memberikan energi daripada menambah tidur lebih banyak di pagi hari.
  5. Berpikir Lebih Jernih, Tajam, dan Kreatif

    Tidur selama 30 menit bisa meningkatkan kemampuan berpikir sebanyak 40 persen. Sedangkan tidur selama 20 menit cukup bagi otak untuk mengumpulkan energi sehingga memperbaiki neuron otak agar bekerja lebih efektif.
  6. Lebih Sehat

    Melakukan power NAP secara teratur dapat membuat tubuh lebih sehat. Hal itu dikarenakan tidur siang memberi manfaat pada jantung, menyeimbangkan hormon, dan mempercepat perbaikan sel dalam tubuh.
Jadi, buat kamu yang sibuk tidak ada alasan untuk tidak dapat istirahat atau kekurangan tidur, karena ada Power NAP solusinya.
Ternyata Tidur Ayam Baik untuk Kesehatan Loh! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top