Selasa, 12 Juli 2016

Tips Mudah dan Aman Memperkuat Sinyal di Android dan iPhone

loading...
Tidak semua tempat di Indonesia atau bahkan di dunia ini memiliki sinyal yang kuat. Apalagi sekarang ini operator sudah banyak. Bisa jadi ketika di rumah, operator A lebih banyak sinyalnya daripada operator B. Tapi ketika di kampus, operator B lebih kuat daripada operator A.

Sinyal handphone / Gambar via gadgetstouse.com
Besaran sinyal ditentukan dengan satuan dBm (decibel miliwatts). Sinyal yang menunjukkan -100 dBm menandakan bahwa kualitas sinyal buruk, sedangkan sinyal dengan angka -70 menandakan kualitas sinyal yang buruk.

Bagi pengguna Android, kekuatan sinyal dapat dicek melalui menu Setting, About, kemudian klik Network. Sedangkan pada iPhone dapat dicek dengan menekan *3001#12345# pada dial pad. Setelah itu akan muncul menu Field Test dan bar sinyal akan berubah menjadi satuan dBm.

Jika diketahui kekuatan sinyal buruk, kamu dapat memperkuat sinyalnya dengan beberapa cara.

Inilah tips mudah dan aman memperkuat sinyal di Android dan iPhone :
  1. Dekati Pemancar Sinyal

    Kalau koneksi sinyalmu terputus, kamu bisa mulai memperkuat sinyal dengan mendekati pemancar sinyal. Jika kamu tidak tahu lokasi pemancar sinyal, kamu bisa mencari melalui aplikasi Open Signal di Android. Ketika kamu sudah berada di dekat pemancar sinyal, otomatis sinyal di handphonemu akan mengarah pada satu pemancar.
  2. Airplane Mode

    Ketika sinyal buruk, ubah profil handphone menjadi airplane mode. Ini akan me-refresh koneksi ke jaringan operator seluler yang kamu gunakan. Selain itu juga, dapat terhubung ke pemancar yang lokasinya paling dekat denganmu.
  3. Cek Baterai

    Ketika mengirim sms masih delay, coba cek baterai kamu. Jika baterai sudah hampir habis, ini bisa menjadi penyebab melemahnya sinyal. Hal ini dikarenakan ketika baterai mulai habis, smartphone biasanya menerapkan mode penghemat daya saat baterai tinggal sedikit. Mode ini akan secara otomatis memutus sementara koneksi ke jaringan. Cara yang paling tepat adalah men-charge handphone.
  4. Buat Peta Sinyal

    Jika kamu sedang berada di dalam rumah, buat denah rumah sederhana. Nyalakan mode field test dari menu Setting untuk melihat indikator kekuatan sinyal. Lalu, berjalanlah dari titik satu ke titik lainnya sesuai dengan peta yang sudah kamu buat. Tandai titik tersebut, tempat mana yang sinyalnya kuat.
  5. Buka Jendela

    Ketika di dalam rumah atau di dalam mobil dan kamu sedang menelpon, tiba-tiba terputus karena sinyal melemah, coba buka jendela dan kemudian telepon di dekatnya.
Mudah bukan cara perkuat sinyal handphone? Selamat mencoba!
Tips Mudah dan Aman Memperkuat Sinyal di Android dan iPhone Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top