Kamis, 21 Juli 2016

Wow! Meski di Daerah Konflik, Tempat ini tetap Mengagumkan!

Setiap tempat di dunia ini memiliki keindahan tersendiri yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Misalnya saja Semarang dengan Masjid Agung yang menjadi ikon di kota tersebut. Di negara lain pun ada tempat-tempat unik, bahkan kini sudah masuk ke daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Namun sayangnya, tempat-tempat indah ini berada di daerah yang kini tengah terjadi konflik. Tentu saja, tempat bersejarah ini menjadi korban dari konflik di daerah tersebut. Padahal, tempat-tempat ini begitu banyak menyimpan kisah yang menakjubkan.

Inilah tempat yang tetap mengagumkan meski berada di daerah konflik :
  1. Masjid Al Aqsa, Palestina

    Masjid Al Aqsa merupakan bagian dari Al Haram ash Sharif, atau tempat sakral yang dihormati bersama dengan situs Kubah Batu. Masjid ini dianggap suci oleh umat Islam. Masjid Al Aqsa menjadi rebutan antara Palestina dan Israel karena pemerintah Israel berniat mendirikan kuil Sulaiman di atas situs masjid Al Aqsa.
    Masjid Al Aqsa / Gambar via cheapvacationholiday.com
    Bentrokan terjadi beberapa kali diantara kedua belah pihak, dan situs masjid pun terancam rusak karena lemparan granat.
  2. Makam Askia, Mali

    Makam Askia adalah tempat Askia Mohammad I, salah satu raja terbesar di Kekaisaran Songhai, yang terletak di Goa, Mali. Makam ini dibangun pada akhir abad ke 15 dan meliputi piramida makam, dua masjid, dan sebuah pemakaman.
    Makam Askia / Gambar via lipstickalley.com
    Sejak tahun 2012 lalu, UNESCO sudah menetapkan kompleks makam ini dalam situs warisan dunia dalam bahaya. Hal ini dikarenakan situs tersebut nyaris rusak karena dihancurkan oleh kelompok militan Al Qaeda dan Ansar Dine.
  3. Palmyra, Suriah

    Palmyra / Gambar via abc.net.au
    Situs Palmyra adalah situs kota kuno yang dikenal dengan nama Tadmor dalam sejarah. Situs ini masuk ke dalam daftar warisan dunia UNESCO di kategori peninggalan budaya. Namun sayangnya, perang saudara yang melanda SUriah menjadikan tempat ini rusak dan hanya menyisakan puing-puing belaka.
  4. Preah Vihear, Kamboja

    Preah Vihear merupakan candi Budha yang letaknya di ketinggian bukit Pegunungan Dangrek, Provinsi Preah Vihear, Kamboja. Hingga saat ini, tempat ini masih menimbulkan konflik antara Kamboja dan Thailand karena letaknya berdekatan di perbatasan antara kedua negara tersebut.
    Preah Vihear / Gambar via skyscrapercity.com
    Konflik menyebabkan sebagian bangunan candi rusak. Saat ini, Kamboja tengah mengajukan candi ini ke UNESCO untuk dimasukkan dalam daftar situs warisan dunia, dan tentu saja hal ini mengundang kemarahan juga bagi Thailand yang hingga saat ini belum bisa mengakui candi tersebut milik Kamboja.
  5. Danau Ratti Gali, Kashmir

    Danau Kashmir merupakan danau yang memiliki pemandangan indah di ketinggian 3.700 meter dan terletak di Lembah Neelam, Azad Kashmir. Danau yang dikelilingi pegunungan bersalju yang masuk ke wilayah Kashmir ini menjadi sengketa antara India dengan Pakistan. Hal ini dikarenakan Kashmir sendiri masuk ke dalam daerah yang dikuasai oleh Pakistan.
    Danau Ratti Gali / Gambar via trekearth.com
    Meski sekarang konflik sudah mereda, tapi setiap tahun masih ada bentrok diantara kelompok bersenjata yang masih memperebutkan danau Kashmir ini.
Sayang sekali ya readers? Untuk itu, karena di Indonesia negara yang aman, kita harus menjaga peninggalan-peninggalan bersejarah di negeri kita tercinta ini!
Wow! Meski di Daerah Konflik, Tempat ini tetap Mengagumkan! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top