Selasa, 12 Juli 2016

Wow! Ternyata Facebook Sudah ada Sejak Abad ke-16 loh!

Sebagai media sosial, tentu saja kita semua sudah tidak asing lagi dengan Facebook bukan? Facebook yang diciptakan oleh Mark Zuckerberg ini baru populer di Indonesia di tahun 2007 hingga sekarang.

Tapi ternyata, sudah sejak abad ke-16 media sosial seperti Facebook telah ditemukan loh! Orang-orang pada masa itu sudah melakukan update status, komentar di beranda milik orang lain, dan saling bertukar media sosial.
Alba Amicorum / Gambar via mentalfloss.com
Media sosial ini disebut dengan buku "Alba Amicorum". Arti dari Alba Amicorum sendiri dalam bahasa latin adalah "Buku Teman". Hmmm, hampir sama seperti Facebook ya? Karena berbentuk buku, tentu saja tak perlu internet atau listrik. Penasaran dengan Alba Amicorum?
Isi buku Alba Amicorum / Gambar via messynessychic.com
Inilah fakta unik tentang Alba Amicorum :
  1. Bermula dari Universitas

    Sama seperti Facebook, Alba Amicorum juga dimulai dari universitas. Awalnya, bangsawan muda asal Belanda, Jerman, dan Perancis bepergian dalam rangka tur pendidikan keliling Eropa untuk mendapatkan pelajaran di berbagai tempat.

    Setiap orang memiliki satu buku untuk mencatat apa saja pengalaman dan kesan tentang orang yang mereka temui. Hal ini hampir sama dengan penulisan status yang ada di Facebook.
  2. Wadah Sosialisasi Remaja

    Sophie Reinders, seorang peneliti asal Belanda meneliti kegunaan dari Alba Amicorum. Menurutnya, Alba Amicorum ini dapat sebagai wadah bersosialisasi untuk memperkuat hubungan diantara para remaja bangsawan di Eropa Utara pada tahun 1560an.
  3. Pembuatan Gambar di Alba Amicorum

    Meskipun hanya buku, Alba Amicorum juga dapat diberi gambar loh! Pembuatnya adalah para seniman ternama, sehingga gambar-gambar yang ada di Alba Amicorum sangat indah. Oleh karena itu, pemilik Alba Amicorum hanya para bangsawa kala itu.
  4. Alba Amicorum Wanita Lebih Mirip Facebook

    Di Eropa dulu wanita juga tidak bebas untuk berkeliling dunia. Oleh karena itu, mereka memiliki Alba Amicorum untuk dapat memperkuat persahabatan diantara para wanita, bertukar gosip, bersenda gurau, hingga membicarakan pria idaman.
  5. Alba Amicorum Pria Lebih Mirip LinkedIn

    Para pria di masa ini juga mengejar karir, untuk itu Alba Amicorum milik pria juga dibuat seperti LinkedIn. Di dalamnya berisi tentang gambaran profesional dirinya, jadi hal ini bisa untuk menambak koneksi antar profesional.
  6. Share Pengalaman Pribadi

    Alba Amicorum umumnya berisi tentang pengalaman pribadi, musik, puisi, serta curhatan akan hal tertentu.
  7. Bisa Ikut Berkomentar

    Tak seperti media sosial sekarang ini yang jika ingin komentar tinggal tulis komentar, jika ingin berkomentar atau mendapatkan komentar, harus bertukar buku dulu antar teman. Lalu kita menawarkan padanya apakah ia ingin ikut berkomentar atau tidak.
Wah unik ya media sosial abad 16 ini! Apa mungkin Mark Zuckerberg terinspirasi dengan Alba Amicorum untuk membuat Facebook ya?
Wow! Ternyata Facebook Sudah ada Sejak Abad ke-16 loh! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top