Selasa, 02 Agustus 2016

Apa Beda Jin, Syetan, dan Iblis? Berikut Penjelasannya!

Hidup di dunia ini, manusia berdampingan dengan makhluk lain. Selain hewan dan tumbuhan, manusia juga hidup berdampingan dengan makhluk ghaib.

Makhluk ghaib pun banyak sekali jenisnya, ada jin, syetan, serta iblis. Semua memang memiliki tujuan menggoda manusia dan menjerumuskan ke hal yang buruk, tapi dari ketiganya ada perbedaan.

Inilah penjelasan mengenai jin, syetan, dan iblis :
  1. Jin

    Mengenai jin, telah dijelaskan secara rinci di dalam Al Qur'an surat Al Jin.  Selain itu juga diterangkan di beberapa surat lain dalam Al Qur'an, salah satunya yang menerangkan bahwa jin diciptakan Allah Ta'ala dari api.

    "Dan Dia menciptakan jin dari nyala api." (QS. Ar Rahman : 15)
    Ilustrasi jin / Gambar via henryharveybooks.com
    Jin itu ada yang muslim dan ada yang tidak. Jin yang tidak muslim seperti jin yang diperdayakan untuk hal-hal yang syirik, dan mereka juga dapat membuat manusia terjerumus ke hal buruk. Sedangkan jin yang muslim juga ada, salah satunya adalah jin yang menjadi tentara Nabi Sulaiman Alaihissalam.

    Allah Ta'ala berfirman dalam Surat Saba' ayat 12, "Dan Kami angin bagi Sulaiman, yang perjalanannya di waktu pagi sama dengan perjalanan sebulan dan perjalanannya di waktu sore sama dengan perjalanan sebulan dan Kami alirkan cairan tembaga darinya. Dan sebahagian dari jin ada yang bekerja di hadapannya dengan izin Tuhannya. Dan siapa yang menyimpang diantara mereka dari perintah Kami, Kami rasakan kepadanya azab neraka yang apinya menyala-nyala." 
  2. Syetan

    Jika jin ada yang muslim dan ada yang tidak, berbeda lagi dengan syetan yang selalu mengajak pada perbuatan jahat dan keji serta berbohong. Dalam Al Qur'an, Allah Ta'ala berfirman, "Sesungguhnya syetan itu hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji, dan mengatakan terhadap Allah Ta'ala apa yang tidak kamu ketahui." (QS. Al Baqarah : 169)
    Ilustrasi syetan / Gambar via craveonline.com
    Syetan itu adalah musuh manusia. Allah Ta'ala telah menegaskan bahwa syetan merupakan musuh dari manusia yang harus diperangi secara nyata. Dan janji-janji yang diberikan syetan hanyalah angan-angan kosong yang tidak akan pernah terwujud. Jika sedang dalam pikiran yang kacau dan tiba-tiba terbersit keinginan buruk, itulah dari syetan. Janji yang diberikan syetan hanyalah kebohongan.

    Syetan tak hanya berupa makhluk ghaib, melainkan ada yang berupa manusia. Manusia yang memiliki hati yang buruk, suka berbohong, dan mengerjakan hal-hal yang dilarang Allah Ta'ala. Mereka tetaplah manusia, hanya saja istilahnya saja.
  3. Iblis

    Iblis merupakan makhluk durhaka yang berasal dari jenis jin, bukan manusia. Hal ini dijelaskan dalam Al Qur'an surat Al Kahfi ayat 50.

    "Dan Ketika Kami berfirman kepada para malaikat, 'Sujudlah kamu kepada Adam', maka sujudlah mereka kecuali iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turunan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti bagi orang-orang yang zalim."
    Ilustrasi iblis / Gambar via hdwallpaper.nu
    Sifat iblis salah satunya ada sombong dan tinggi hati, itulah yang menyebabkan bangsa iblis tidak mau bersujud menghormati Nabi Adam Alaihissalam karena merasa lebih baik, sebab iblis diciptakan dari api sedangkan Nabi Adam Alaihissalam diciptakan dari tanah.

    Selain itu, iblis juga tak akan pernah mati hingga hari kiamat nanti. Dan penangguhan usianya itu telah diberikan oleh Allah Ta'ala. 
Itulah perbedaan dari jin, syetan, dan iblis.
Apa Beda Jin, Syetan, dan Iblis? Berikut Penjelasannya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top