Kamis, 11 Agustus 2016

Apa yang Menyebabkan Kematian Mendadak pada Bayi ketika Tidur?

Bayi selalu menjadi pusat perhatian karena kelucuan dan tingkahnya yang suka ingin tahu itu. Para orang tua yang memiliki bayi pun kerap kali mengabadikan berbagai momen yang dilakukan si buah hati dan selalu menanti hal lucu apa yang akan dilakukan sang bayi.

Ketika tidur, makan, rewel, dan hal lainnya selalu menjadi momen yang diingat oleh para orang tua. Terlebih wajah polos bayi ketika tidur. Tapi, meskipun kita juga bisa tenang ketika si kecil sedang tidur, ada hal yang perlu diperhatikan. Si kecil memang terlihat nyaman ketika tidur, tapi jika kita tidak mengawasinya, bisa saja terjadi hal yang fatal, yaitu kematian ketika tidur.
Bayi yang sedang tidur / Gambar via inspirationformoms.porch.com
Kematian bayi ketika tidur disebut dengan istilah SIDS (Sudden Infant Death Sydrome). Biasanya dialami oleh bayi yang berusia kurang dari satu tahun. Semua bayi dapat berisiko mengalaminya, baik bayi yang sehat maupun bayi yang memiliki penyakit. Ada beberapa penyebab bayi mengalami SIDS.

Inilah penyebab bayi mengalami kematian mendadak ketika tidur :
  1. Ibu Merokok dan Peminum Minuman

    Kondisi ini diawali ketika sang ibu hamil, jika ketika hamil sang ibu biasa merokok dan merupakan seorang peminum, ini memicu keadaan bayi yang akan terganggu kesehatannya.
  2. Kondisi Bayi dan Usia Kehamilan

    Kelahiran bayi yang prematur serta usia sang ibu ketika hamil yang belum menginjak angka 20 tahun akan menyebabkan risiko ketika dilahirkan. Juga berisiko sang bayi mengalami masalah kesehatan.
  3. Kurangnya Oksigen ketika Tidur Tengkurap

    Bayi yang usianya kurang dari satu tahun ketika tidur tengkurap terlalu lama, dapat menyebabkan aliran oksigen yang dihirup menjadi berkurang. Selain itu, terjadi tekanan pada rahang bayi sehingga jalan bernafas akan menjadi lebih pendek.
Semua masalah itu ada solusinya, untuk menghindari si kecil terkena SIDS, dianjurkan untuk menidurkan bayi dengan posisi miring ke samping kanan dan telentang.

Tidur miring lebih baik dilakukan dengan miring ke samping kanan. Posisi ini bagus diterapkan untuk semua bayi, baik bayi normal, bayi prematur, begitu juga bayi yang proses minumnya masih menggunakan selang atau alat bantu pernafasan. Hal ini baik untuk mengosongkan lambung dan mencegah bayi gumoh.

Posisi terlentang juga baik, bahkan baik diterapkan untuk semua usia. Risiko untuk terjadi cidera dan kelainan pun akan sedikit. Hal ini juga baik diterapkan bagi bayi dibawah tiga bulan yang belum bisa menggerakkan tubuhnya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi pengetahuan bagi semua orang tua agar dapat menjaga bayinya lebih baik.
Apa yang Menyebabkan Kematian Mendadak pada Bayi ketika Tidur? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top