Senin, 01 Agustus 2016

Awas! Penyakit Kemusyrikan ini bisa saja Bersembunyi dalam Diri!

loading...
Sebagai seorang muslim yang beriman, kita tentu sangat percaya dengan Allah Ta'ala. Menyembah Allah Ta'ala karena hanya Allah Ta'ala lah Tuhan yang berhak disembah. Umat Islam harus menjauhkan diri dari sikap musyrik.

Musyrik adalah perbuatan yang mempersekutukan Allah Ta'ala, mengadu akan adanya Tuhan selain Allah Ta'ala atau menyamakan sesuatu dengan Allah Ta'ala. Selama ini kita hanya tahu bahwa musyrik itu seperti menyembah selain Allah Ta'ala, tapi ada juga penyakit musyrik yang tersembunyi dalam diri, yaitu riya' atau sombong.
Ilustrasi kesombongan untuk mendapatkan reward / Gambar via medscape.com
Sombong adalah sifat yang dapat terlihat, bisa juga tidak terlihat jika sombong itu ada di dalam hati. Sebagaimana diketahui, hal terbesar yang diupayakan oleh seorang Mu'min adalah keselamatan di sisi Allah Ta'ala.

Mereka beribadah dan melakukan amal perbuatan hanya mengharap ridha Allah Ta'ala, bukan pujian dari orang lain, apalagi disanjung-sanjung. Ada hadits shahih yang menyebutkan tiga orang yang pertama kali menjadi bahan api neraka.

Tiga orang itu adalah mereka yang riya' dengan jihadnya, orang yang riya' dengan ilmunya, dan orang yang riya' dengan kedermawanannya.

Contohnya saja, orang yang suka memberi kepada yang tak mampu, tapi ia selalu memamerkan dirinya bahkan menceritakannya pada orang lain. Memang memberi itu baik, tapi alangkah baiknya jika hanya Allah Ta'ala yang tau agar perbuatan itu diridhai.

Sesungguhnya amat berat menghindari diri dari riya'. Semoga Allah Ta'ala selalu menuntun kita dalam kebaikan. Aamiin.
Awas! Penyakit Kemusyrikan ini bisa saja Bersembunyi dalam Diri! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top