Rabu, 03 Agustus 2016

Berani Tinggalkan Sholat? Ini Kerugian yang Pasti Didapat!

Dalam sehari, kita sebagai umat Islam wajib sholat sebanyak lima kali. Waktu sholat pun ditetapkan dengan sangat baik, pagi hari ketika subuh agar kita dapat bangun pagi sehingga tidak telat pergi ke kantor atau sekolah. Siang hari ketika dzuhur agar kita dapat beristirahat siang.

Sore hari ketika ashar agar kita dapat istirahat sore, senja ketika maghrib agar sebelumnya kita sudah membersihkan diri sehingga kita tidak mandi terlalu malam, karena dapat menimbulkan penyakit. Dan malam hari yaitu sholoat isya', dimana sebelum isya' biasanya kita makan malam, agar kita tidak langsung tidur maka kita diwajibkan melaksanakan sholat isya'.
Sibuk adalah salah satu alasan salah orang meninggalkan sholat / Gambar via thetimediet.org
Sayangnya, orang-orang ada yang masih sengaja meninggalkan sholat, entah itu karena kesibukan, perjalanan, sakit, atau hal lainnya. Padahal, Allah Ta'ala juga memberikan keringanan bagi mereka yang tidak bisa menjalankan sholat dengan normal. Dan kerugian yang hanya kamu dapatkan jika berani meninggalkan sholat.

Berani tinggalkan sholat? Ini kerugian yang pasti didapat :
  1. Akan Merugi di Akhirat

    Ketika datang hari kiamat, dan setelah itu manusia akan dibangkitkan kembali, maka dilakukan penghitungan amal yang dilakukan selama hidupnya. Amal yang pertama kali dihisab adalah sholat, jadi lakukanlah sholat tepat waktu, jangan pernah ditinggalkan meski dalam keadaan apapun.

    Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda dari Abu Hurairah, "Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah sholatnya. Apabila sholatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila sholatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi. Jika ada yang kurang dari sholat wajibnya, Allah Ta'ala mengatakan, "Lihatlah apakah pada hamba tersebut memiliki amalan sholat sunnah?" Maka sholat sunnah tersebut akan menyempurnakan sholat wajibnya yang kurang. Begitu juga amalan lainnya seperti itu."
  2. Masuk ke dalam Neraka Saqar

    Disebut saqar karena daya bakarnya yang menghanguskan dan tidak menyisakan apa saja yang disentuhnya. Dikatakan bahwa di dalam Neraka Saqar terdapat penjaga mengerikan yang berjumlah 19.

    Penjaga tersebut merupakan penjaga di bawah komando malaikat Azzabaniah yang berperawakan raksasa, angker, dan perilakunya sangat kasar. Mereka tidak pernah durhaka kepada Allah Ta'ala dan selalu melaksanakan perintah-Nya.

    Dalam surat Al Mudatsir ayat 42-43, Allah Ta'ala berfirman, "Apa yang menyebabkan kamu masuk ke dalam (neraka) Saqar?" mereka menjawab, "Dahulu kami tidak termasuk orang-orang yang melaksanakan sholat."
  3. Tidak Diselamatkan dan akan Dikumpulkan Bersama Fir'aun

    Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Barangsiapa yang tidak memelihara sholat, maka ia tidak akan bercahaya, tidak mempunyai hujjah (alasan) dan tidak akan diselamatkan. Di hari kiamat kelak, ia akan dikumpulkan bersama Qarun, Fir'aun, Haman dan Ubay bin Khalaf." (HR. Ahmad)
Jadi, jangan sampai sekalipun meninggalkan sholat. Sholat tepat waktu juga sangat penting, usahakan ketika sudah mendengar adzan segera bergegas menuju masjid untuk melaksanakan sholat. Semoga kita tergolong dalam orang-orang yang diselamatkan oleh Allah Ta'ala. Aamiin.
Berani Tinggalkan Sholat? Ini Kerugian yang Pasti Didapat! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top