Senin, 15 Agustus 2016

Cara Menangani Sendiri Gigitan Ular di Rumah

Ketika digigit ular, tentu saja kita akan panik atau mungkin takut. Karena gigitan ular berbisa dapat membunuh dalam hitungan jam saja.

Tapi tak perlu khawatir, kamu bisa mengatasinya sendiri dengan arang yang ada di rumah. Arang dapat menyerap racun dan membantu mencegah kerusakan sel darah merah yang dikarenakan bisa. Ada juga cara lain yang dapat dilakukan agar pasien yang digigit ular dapat bertahan hidup agar tepat waktu dibawa ke rumah sakit.

Inilah cara menangani sendiri gigitan ular di rumah :
  1. Ular Derik

    Gigitan ular berbisa sangat serius dan harus segera diatasi. Oleh karena itu, arang dapat sangat membantu untuk mengobati gigitan ular berbisa. Seorang lelaki yang digigit oleh ular berbisa yang ditularkan melalui gigi taringnya, kemudian bengkak dan menyebabkan luka yang serius. Ia digigit di tulang salah satu tangannya.
    Ular derik / Gambar via roadsendnaturalist.com
    Ketika digigit, ikat tangan dengan tourniquet di atasnya agar tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain, atau ikat dengan tali yang kuat. Lalu, tumbuk arang agar menjadi pasta dan oleskan di area yang digigit ular.

    Kemudian, tutup dengan kain kasa dan kantong plastik. Kemudian, rendam tangan tersebut di air dingin sambil meminum teh kohosh. Beberapa hari kemudian, bengkak akan menghilang dan penderita akan segera sehat.
  2. Russell's Viper

    Russell's Viper memiliki bisa yang dapat menghancurkan dinding arteri dan menyebabkan pendarahan internal. Gigitan ular ini dapat berakibat fatal hanya dalam 48 jam. Ular ini memiliki tampilan yang biasa, tapi sebenarnya sangat berbahaya.
    Russell's Viper / Gambar via treknature.com
    Ada seorang wanita yang digigit oleh Russell's Viper dan diobati dengan pasta arang dimana ketika dibawa ke rumah sakit, tidak terdapat obat. Wanita tersebut berhasil selamat dan sembuh tanpa ada komplikasi serius yang diakibatkan gigitan ular.
  3. Afrika

    Ada suatu kejadian di Afrika, dimana kaki seorang wanita digigit ular berbisa. Kemudian, di area yang digigit ular diolesi pasta dari arang dan tepung jagung/tepung kanji dan dan ditutup kantong plastik, lalu rasa sakit akibat gigitan ular berangsur-angsur hilang.
    Ular Afrika / Gambar via africapoint.com
    Untuk pengobatan, pupukkan pasta tersebut setiap 30 menit, dua sendok teh arang dikonsumsi setiap 30 menit di jam pertama dan sekali pada jam-jam istirahat setiap hari. Bengkak akan berkurang setelah beberapa jam dan dalam dua jam, wanita tersebut dapat berjalan lagi dan kembali sehat.
  4. Gigitan pada Tangan

    Gigitan pada tangan / Gambar via snakeproofing.com
    Mengoleskan pasta arang pada tangan yang digigit ular dapat mengobati dan menghambat penyebaran bisa ular ke tubuh.
Arang dapat menjadi obat untuk penanganan pertama bagi korban gigitan ular. Setelah mereda, barulah bawa korban ke rumah sakit untuk pengecekan agar tidak terjadi hal yang berbahaya.
Cara Menangani Sendiri Gigitan Ular di Rumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top