Selasa, 16 Agustus 2016

Inilah Cara Mencintai Tubuhmu tanpa Khawatir dengan Berat Badan

Kita semua berhak untuk menikmati hidup dan memiliki tubuh yang ideal, tanpa harus khawatir dengan berat badan. Meskipun ada timbangan di rumah untuk mengontrol perkembangan berat badan, memfokuskan pada hal itu semata-mata malah merugikan diri sendiri serta mental dan emosimu.

Terobsesi dengan berat badan tidak akan mengubahmu menjadi lebih kurus atau lebih berisi, hal itu hanya akan memberikan pikiran negatif yang menjadi penghambat dirimu untuk mencapai tujuan kesehatanmu.
Berat badan / Gambar via hellawella.com
Sebenarnya, ada cara yang lebih tepat untuk menghilangkan pikiran negatif tersebut dan membiarkan pikiran positif mempengaruhimu sehingga kamu dapat hidup dengan sehat dan menikmatinya.

Inilah cara mencintai tubuhmu tanpa khawatir dengan berat badan :
  1. Tetap pada Pendirianmu

    Tak hanya untuk terlihat bagus, tapi juga untuk merasa bagus. Ketika kamu merasa percaya diri dengan kulitmu, kamu akan dapat mengatasi area lain pada tubuhmu. Kenakan pakaian yang membuatmu merasa nyaman.

    Lakukan aktivitas yang membuatmu lebih semangat, serta makanlah makanan sehat yang tidak membuatmu lesu.
  2. Fokus pada Apa yang Kamu Rasakan

    Ketika kamu telah bekerja dengan baik, makan dengan enak, cukup istirahat dan kamu merasa segar. Kemudian kamu mencoba menimbang tubuhmu dan naik empat pon. Pasti kamu akan berpikir, "Bagaimana bisa?"

    Jangan khawatir, beberapa timbangan biasanya tidak akurat. Ada beberapa alasannya, yang pertama karena sedikit tidak terkalibrasi dengan benar. Alasan lain adalah karena faktanya, berat badan itu fluktuatif, jadi dapat berubah-ubah beberapa pon per hari. Dan ingat, bahwa otot itu lebih berat daripada lemak, jadi tak selamanya bertambah berat badan itu karena lemak.

    Jika kamu menemukan kejadian seperti itu, cobalah meninggalkan timbangan dan tes berat badan dengan celana jeans. Perasaanmu akan lebih nyaman dan menyenangkan ketika menggunakan jeans ini. Dan rasa puas ini lebih penting daripada hanya sekedar berat badan.
  3. Makanlah Makanan yang Membuatmu Senang

    Olahraga itu penting, tapi diet lebih penting untuk membuatmu lebih baik. Makanan yang kita makan dapat menentukan perasaan kita seharian.

    Makanan yang disaring dari lemak jenuh, seperti sodium dan gula akan lambat penyaringannya dalam sehari dan menyebabkan kamu membuat keputusan yang salah, seperti lebih banyak olahraga atau tidur larut dari biasanya.

    Fokus pada makanan yang tinggi nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, dan protein tanpa lemak, yang membuat tubuhmu lebih baik seharian untuk pilihan snack harian.

    Jangan terlalu menghitung kalori, fokus untuk memenuhi tubuhmu dengan makanan yang baik. Misalnya untuk sarapan makanlah oats, makan siang dengan bayam atau kale, dan makan malam dengan sayuran yang tinggi protein.
  4. Bersenang-senanglah!

    Jika menurutmu berjalan cepat atau berlari di treadmill membuatmu menyingkirkan semuanya, cobalah beralih ke hal lain. Jika kamu tidak senang melakukannya, carilah hal yang membuatmu senang.

    Olahraga seharusnya tidak membuatmu bosan atau malas, kamu bisa melakukan olahraga yang menyenangkan, apapun yang kamu suka asal tubuhmu bergerak. Seperti berjalan dengan teman, berjoget dengan anak-anak, bersepeda di taman, dan hal lain yang membuatmu senang.
Intinya, jangan selalu terfokus dengan turun atau naik berat badan. Fokuslah pada hal yang membuatmu senang. Tapi ingat, jangan terlena dengan menyenangkan tubuh sampai lupa aturan ya!
Inilah Cara Mencintai Tubuhmu tanpa Khawatir dengan Berat Badan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top