Rabu, 31 Agustus 2016

Inilah Cara Menghilangkan Rasa Dendam di Hati!

loading...
Dendam merupakan amarah yang dipelihara, berkesinambungan, dan bagi orang yang mendendam pasti tidak tenang hidupnya. Bagi pendendam, ia akan selalu mencari celah agar dapat mencelakai atau berbuat buruk pada orang yang ia dendami.

Dendam selain membuat hati tak tenang, ia juga merupakan suatu hal yang tak berharga, buruk, bagaikan sweater gatal yang tak nyaman berada di tubuh, dan itu harus dihilangkan. Jika tidak, kamu akan sulit menjadi orang yang berhati baik. Untuk menghilangkan dendam di hati, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.
Ilustrasi dendam / Gambar via careerconnection.me
Inilah cara menghilangkan rasa dendam di hati :
  1. Putuskan untuk Memaafkan

    Ketika orang lain menyakitimu, cobalah untuk memaafkan kesalahannya. Sadari bahwa manusia pasti ada salah dan mungkin di suatu hari kamu juga akan melakukan kesalahan. Jadi, memaafkan orang lain adalah cara yang tepat untuk menghindari dendam.
  2. Tanyakan Pada Dirimu, "Mengapa?"

    Orang-orang menyadari bahwa dendam merupakan masalah ketika perkembangan mereka terhalang. Mereka merasa bosan, inilah awalnya keluhan itu muncul. Karena itu, tidak perlulah kamu menyimpan dendam terlalu lama, agar hal tersebut tidak berlarut-larut.
  3. Jangan Biarkan Marah Menguasaimu

    Orang-orang yang dendam, pasti diliputi amarah yang luar biasa. Kamu harus mampu melepas rasa negatif tersebut. Tak harus selalu dendam, tanamkan dalam diri bahwa kamu juga dapat memaafkan kesalahan bahkan kejahatan yang mengerikan sekalipun. Jangan sampai marah membuatmu terkekang. Terimalah apa yang terjadi, instropeksi dan berikanlah maaf.
  4. Perhatikan Umpan Baliknya

    Teman dekat atau partnermu biasanya selalu mendengarkan keluhan masa lalumu. Ketka orang-orang menyarankan kamu untuk berhenti, inilah waktu untuk menemukan cerita baru.
  5. Melihat Dari Perspektif yang Berbeda

    Empati membuat seseorang mudah memaafkan. Mengakui perspektif orang lain, ketika orang lain tidak dapat memecahkan masalahnya, atau bertindak mementingkan diri sendiri yang memicu konflik.
Selamat mencoba!
Inilah Cara Menghilangkan Rasa Dendam di Hati! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top