Sabtu, 06 Agustus 2016

Inilah Kekayaan yang Wajib Dikeluarkan Zakatnya

loading...
Sebagai umat muslim, kita diwajibkan untuk menyisihkan harta kita sebagian untuk dizakatkan. Karena harta yang diberikan Allah Ta'ala kepada kita tidak semuanya milik kita. Zakat juga dapat membersihkan diri kita dan agar kita belajar ikhlas memberi.

Namun, tak semua harta yang kita miliki harus dizakatkan. Harta seperti rumah, mobil, pakaian, makanan, minuman, dan segala harta yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari tidak wajib dikeluarkan zakatnya.

Sedangkan harta yang wajib dikeluarkan zakatnya adalah harta yang tidak digunakan dalam kegiatan sehari-hari dan harta yang dapat bertambah serta berkembang.

Inilah harta yang wajib dikeluarkan :
  1. Emas dan Perak yang tidak Dipakai untuk Perhiasan

    Emas dan perak / Gambar via capital-pawn.com
    Zakat emas dan perak dikeluarkan jika sudah mencapai batas minimal kelayakan zakat (nishab) dan sudah dimiliki selama satu tahun, yaitu sekitar 354 hari. Batasannya untuk emas adalah 85 gram, sedangkan perak 595 gram. Jika telah memiliki selama satu tahun maka zakat wajib dikeluarkan sekitar 2,5%.
  2. Harta Kekayaan dan Likuiditas dari Jenis Mata Uang, Baik Tunai Maupun Tabungan

    Jika harta sudah mencapai nisabnya, maka harus dikeluarkan zakat sebesar 2,5%. Nisabnya harus dikonversikan ke dalam nisab emas. Jika jumlah harta sudah sama dengan 85 gram emas, maka wajib dikeluarkan zakat.
    Uang / Gambar via 123rf.com
    Cara menghitungnya, yaitu misalnya saat ini harga emas per gram 25 USD, maka dikalikan 85 gram dan hasilnya 2125 USD. Itulah batas minimal untuk zakat harta. Harga emas bisa berubah-ubah, tergantung harga yang berlaku saat itu.
  3. Barang Dagangan

    Barang dagangan / Gambar via zerodollarstuff.com
    Jika kamu seorang pedagang atau pengusaha, misalnya properti, barang dagangan makanan, dan sebagainya. Cara mengeluarkan zakatnya dengan menghitung seluruh aset dagangan, jika modal sudah berputar selama setahun dengan harga pasar pada hari harus mengeluarkan zakat dan telah mencapai nisab, maka harus mengeluarka 2,5% untuk zakat.
  4. Zakat Tanaman Padi, Buah-buahan, dan Palawija

    Jika memiliki kebun atau sawah, wajib juga dizakatkan. Namun, tak semuanya dapat dizakatkan. Dan cara berzakat pun dilihat dari sistem pengairan yang digunakan, apakah menggunakan irigasi atau tadah hujan.

    Syarat wajib zakat tanaman dan buah-buahan diantaranya, hasil panen harus mencapai nisab. Ukurannya adalah wasaq, saat ini menggunakan kilogram dan disesuaikan dengan timbangan gandum dan beras seberat 580 atau 600 kg, jika belum mencapai maka tidak diwajibkan berzakat.
    Tanaman / Gambar via bestofrecipes.info
    Yang kedua adalah jenis tanamannya harus dari jenis yang diwajibkan zakat, yaitu hasil tanaman yang menjadi bahan makanan pokok yang biasa dijadikan bahan makanan sehari-hari oleh manusia dan bisa disimpan dalam waktu yang lama tanpa mengalami kerusakan. Jenis buah dan sayur yang tidak dapat disimpan dalam waktu lama dan tidak menjadi bahan makanan pokok tidak wajib dizakatkan.

    Yang ketiga adalah, telah dipanen. Tanaman dan buah yang sudah dipanen wajib dikeluarkan zakatnya, tapi zakat tanaman tidak harus lewat satu tahun untuk dizakatkan. Jadi, misalnya setelah dipanen sudah dizakatkan kemudian disimpan dan lewat satu tahun, maka tidak wajib dikeluarkan zakatnya.
  5. Harta Kekayaan Hewan Ternak

    Hewan ternak yang wajib dizakatkan adalah yang dapat diambil manfaatnya oleh manusia, seperti unta, sapi atau kerbau, kambing atau domba.Secara umum, syaratnya adalah hewan tersebut harus mencapai nisab. Batasan untuk unta yaitu 5 ekor, kambing dan domba 40 ekor, sapi dan kerbau 30 ekor. Jika kurang dari itu maka tidak wajib zakat.
    Zakat hewan ternak / Gambar via ipsnews.net
    Yang kedua adalah mencapai haul (satu tahun kepemilikan), yang ketiga adalah jenis hewan ternak yang digembala, yang makan rumput dan bukan hewan yang membutuhkan pakan khusus.

    Yang terakhir adalah, jika hewan ternak tersebut digunakan untuk membajak sawah dan ladang, atau memindahkan barang dan kendaraan pengangkut barang berat, maka tidak wajib dizakatkan.
Semoga kita dapat berzakat dengan benar di jalan Allah Ta'ala. Aamiin.
Inilah Kekayaan yang Wajib Dikeluarkan Zakatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top