Minggu, 14 Agustus 2016

Inilah Makanan Penutup yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

loading...
Diabetes terjadi karena adanya kelebihan zat gula dalam darah. Oleh karena itu, penderita diabetes dilarang untuk terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula.

Makanan penutup, identik dengan makanan manis. Tentu saja makanan manis dapat memicu naiknya gula darah. Meski begitu, penderita diabetes masih dimungkinkan untuk menyantap makanan penutup. Alternatifnya adalah menggunakan pemanis pengganti untuk menggantikan gula.
Makanan penutup bagi penderita diabetes / Gambar via enhancerfitness.com
Namun, makanan yang mengandung gula bukanlah faktor utama pemicu terbesar diabetes, melainkan karbohidrat. Penderita diabetes harus selalu mengkontrol karbohidrat yang dikonsumsi. Penderita diabetes memiliki insulin yang tidak berfungsi dengan baik.

Untuk penderita diabetes, makanan penutup dapat menggunakan pemanis pengganti, misalnya makanan yang terbuat dari buah, karena buah memiliki rasa manis alami yang baik. Sedangkan makanan yang mengandung dekstrosa, fruktosa, sirup jagung fruktosa tinggi, laktosa, gula pasir, madu, dan pemanis lainnya. Pemanis seperti ini biasa terdapat pada kue, pie, puding, permen, es krim.

Jika ingin mengkonsumsi makanan penutup kemasan, perhatikan labelnya. Tiga hal penting yang harus diperhatikan adalah takaran penyajian, total karbohidrat, dan total kalori.

Untuk takaran penyajian, setiap kemasan pasti ada ukuran saran penyajiannya dan sesuaikan dengan karbohidrat serta kalori yang kamu konsumsi. Misalnya, dalam sekali konsumsi takaran penyajiannya adalah dua kue, tapi kamu makan hanya satu kue. Itu artinya, kamu juga harus memakan setengah dari total karbohidrat dan kalori yang ada.

Selanjutnya adalah total karbohidrat, yaitu jumlah karbohidrat yang terdapat pada setiap penyajian. Tapi, ada pengecualian ketika menghitung gram karbohidrat untuk mengatur gula darah.

Selanjutnya adalah yang terpenting, yaitu kalori. Makanan yang rendah gula atau pemanis dalam makanan masih memiliki kalori yang tinggi dan nilai gizinya rendah. Memakan makanan tinggi kalori dapat membuat berat badan meningkat dan tingkat gula darah juga makin tak terkontrol.

Meski begitu, bagi penderita diabetes tak perlu khawatir memakan makanan penutup. Karena ada beberapa makanan penutup yang tak terlalu bahaya untuk dikonsumsi, misalnya granola dan buah segar yang tidak ditambahkan gula, biskuit graham tanpa mentega, angel food cake, coklat panas dengan kayu manis tanpa gula, es loli tanpa gula, gelatin yang terbuat dari buah tanpa tambahan gula, serta puding tanpa gula.

Selain mengurangi konsumsi makanan manis, kalori, dan karbohidrat, jangan lupa juga menerapkan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan sehat dan olahraga teratur sesuai tubuh. Jangan lupa konsultasikan kepada dokter.
Inilah Makanan Penutup yang Tepat Bagi Penderita Diabetes Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top