Jumat, 19 Agustus 2016

Inilah Tips Meredakan Psoriasis pada Kulit

loading...
Pernahkah mendengar penyakit psoriasis? Psoriasis adalah penyakit autoimun yang mengenai kulit, ditandai dengan sisik yang berlapis berwarna keperakan, disertai dengan penebalan warna kemerahan dan rasa gatal atau perih. Bila sisik ini dilepaskan maka akan timbul bintik berdarah di kulit bagian bawahnya.

Kurang lebih 1,8 juta orang hidup dengan menderita psoriasis di Inggris. Bersisik, merah, gatal, belang pada kulit yang dapat menjadi masalah bagi sebagian orang. Penyakit ini dapat menyerang siapapun, bahkan selebriti sekalipun.
Psoriasis / Gambar via medscape.com
Salah satunya adalah Kim Kardashian, yang mengungkapkan di salah satu acara TV bahwa ia menderita psoriasis. Ia kecewa terdapat ruam merah di kulitnya. Ia berkata, "Pekerjaanku adalah foto model, orang-orang tidak mengerti betapa tertekannya aku ketika harus terlihat sempurna." 

Meskipun tidak ada cara untuk menyembuhkan psoriasis, karena menyerang sistem imun yang menyebabkan inflamasi dan berkembang dengan cepat pada sel kulit, penderita dapat melakukan tindakan-tindakan untuk menutupi atau mengurangi rasa sakitnya.

Inilah tips meredakan psoriasis pada kulit :
  1. Beri Makan Kulitmu

    Kulit perlu makanan khusus agar tetap terjaga dan sehat. Kamu bisa mengkonsumsi buah alpukat, salmon asap, kacang-kacangan dan biji-bijian.
  2. Berjemurlah di bawah Matahari Pagi

    Penderita psoriass cenderung perlu memproduksi lebih banyak sel kulit, dan vitamin D dapat menghambat prosesnya. Menyebabkan plak berkurang dan menipis. Coba mintalah pada dokter kulit untuk mengetes tingkat vitamin D yang ada pada tubuhmu.
  3. Berhentilah Stres

    Stres dan psoriasis seperti dua hal yang saling berkaitan. Ketika kamu terlalu mengkhawatirkan kulitmu dan kamu stres, hal itu malah membuat kulitmu bertambah parah. Oleh karena itu, berhentilah terlalu khawatir dengan kulit dan berolahragalah cara yang tepat.
  4. Jangan Terlalu Banyak Mengkonsumsi Junk Food

    Makanan tak sehat adalah jalan pasti yang akan membuat segalanya bertambah buruk, termasuk masalah psoriasis ini. Makanan yang mengandung bahan seperti gula, garam, karbohidrat, yang terlalu banyak dapat menyebabkan masalah kulit.
  5. Lakukan Pengecekan

    Terdapat tiga tipe perawatan psoriasis, dan doktor akan menentukan manakah yang paling baik untuk masalah psoriasismu. Topical, obat yang melunakkan atau krim steroid adalah cara utama untuk mengatasi psoriasis.

    Phototherapy, adalah perawatan khusus yang menggunakan penyinaran untuk merawat kulit. Yang terakhir adalah Systemic treatments, perawatan oral atau melalui pembuluh darah yang berpotensi terkena dampaknya.
Itulah tips untuk meredakan psoriasis pada kulit.
Inilah Tips Meredakan Psoriasis pada Kulit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top