Jumat, 05 Agustus 2016

Jadi Maba dan Sulit Beradaptasi dengan Lingkungan Baru? Ini Tips untuk Mengatasinya!

loading...
Menjadi mahasiswa baru bisa jadi menyenangkan, atau malah bisa membuatmu gelisah. Terutama kamu harus beradaptasi dengan lingkungan baru dan kehidupan baru yang berbeda dari ketika kamu sekolah dulu.

Kamu yang mudah bergaul tentu saja mudah untuk mendapatkan teman dan beradaptasi, tapi untuk kamu yang sulit bergaul, tentu hal ini sedikit merisaukan. Oleh karena itu, kamu harus mengikuti tips ini agar dapat beradaptasi dengan mudah di lingkungan baru.

Inilah tips agar dapat beradaptasi di lingkungan baru ketika pertama masuk kuliah :
  1. Menunggu Jadwal Kelas Berikutnya

    Jadwal kelas di perkuliahan tidak sama dengan seperti pada saat sekolah. Jika dulu jadwal urut dan bisa dikatakan kita sekolah dari jam 7 pagi sampai jam 1 siang dan runtut, tapi ketika kuliah jadwal telah berbeda. Jadwal kuliah pertama dimulai jam 8 pagi, dan jadwal kuliah selanjutnya baru ada jam 2 siang.
    Memanfaatkan wifi kampus / Gambar via dailymail.co.uk
    Selama menunggu waktu yang lama itu, kamu bisa menghabiskan waktu dengan nongkrong di kost teman yang dekat kampus, bawa laptop dan wifi-an di kampus, bergaul dengan anak-anak di UKM, atau berkeliling di kampus lain.
  2. Memilih Baju ketika ke Kampus

    Memilih baju / Gambar via helenreynolds.net
    Menyenangkan memang kita tidak harus memakai seragam ke kampus, karena kita diperbolehkan memakai baju bebas. Tapi, hal ini bisa saja membuat kamu kebingungan. Di awal-awal kuliah, pakailah baju yang casual saja, jangan berlebihan atau terlalu rapi. Coba lihat bagaimana kakak tingkatmu berpakaian ketika ke kampus, dengan begitu kamu bisa mendapatkan inspirasi baju yang akan dipakai ke kampus.
  3. Bingung Tempat Nongkrong dan Kantin

    Bisa jadi kantin di kampusmu sudah ada penguasanya, itu membuatmu takut untuk untuk berlama-lama di kantin. Hal ini janganlah membuatmu takut, kamu tetap bisa nongkrong di kantin kampus lain, tentu saja tak ada larangan.
    Nongkrong di kantin / Gambar via telegraphindia.com
    Atau bisa juga kamu beli makanan di kantin kemudian dimakan di spot tertentu yang nyaman. Kamu boleh juga bawa bekal ke kampus, pasti jadi makin rame.
  4. Menghadapi Dosen Killer

    Menghadapi dosen killer / Gambar via careerindia.com
    Memang tak semua dosen itu killer, ada juga yang menyenangkan. Tapi, untuk menghadapi dosen killer, kamu bisa jadi mahasiswa yang aktif di kelas. Ajukan pertanyaan mengenai mata kuliah yang diajarkan, kerjakan tugasnya dengan maksimal, dan jangan ragu untuk bertanya di luar kelas. Tapi ingat, jangan jadi sok tau ya!
  5. Menghadapi Senior

    Jangan bertingkah aneh agar tidak dibully / Gambar via weheartit.com
    Tak hanya dosen, ada juga senior yang killer. Sebagai junior, bersikaplah biasa saja, atau kamu juga bisa senyum menyapa senior yang kebetulan berpapasan denganmu. Jika ada senior yang cuek atau tak ramah denganmu, sebatas tidak mem-bully atau menyakiti fisik, biarin aja.
  6. Pilih Paper atau Makalah?

    Pilih paper atau makalah / Gambar via dailymail.co.uk
    Sekarang ini semua sudah mudah, cari tugas bisa dari buku atau internet. Kamu tak perlu bingung mau membuat paper atau makalah. Jika tugas itu berkelompok, jangan ragu untuk berkelompok dengan teman yang kamu rasa cocok. Jika kamu enjoy mengerjakannya, pasti hasilnya juga akan memuaskan.
  7. Sistem Belajar yang Berbeda dengan SMA dan Mata Kuliah yang Lebih Susah

    Pertama kuliah pasti kamu kaget dengan sistem belajar yang berbeda, terlebih mata kuliahnya juga makin susah, apalagi kalau kamu yang ketika SMA di jurusan IPA dan masuk kuliah di Akuntansi. Rasanya seperti menjadi pelajar baru yang tak tahu apa-apa.
    Sistem belajar yang berbeda / Gambar via hercampus.com
    Tapi jangan khawatir, karena itu semua bisa dipelajari sebelumnya. Kamu bisa baca-baca buku tentang materi yang akan datang, jika tidak punya buku sendiri, kamu bisa pinjam pada kakak tingkat atau pinjam di perpustakaan.
  8. Cari Teman Baru

    Cari teman baru / Gambar via gumtree.com
    Yang terpenting adalah kamu harus punya teman, dan ini yang biasanya jadi kendala, tapi kamu bisa mencari teman saat ospek. Karena susah senang kamu pasti bersama dia, dan jangan malu untuk berkenalan. Yang terpenting, tunjukkan keramahanmu dan teman-teman baru akan datang tanpa kamu susah mencarinya.
Jadi, siap memulai petualangan menjadi mahasiswa?
Jadi Maba dan Sulit Beradaptasi dengan Lingkungan Baru? Ini Tips untuk Mengatasinya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top