Minggu, 28 Agustus 2016

Jangan Lupa Cuci Apel sebelum Dimakan, Jika tidak Bahaya akan Mengancam!

loading...
Apel adalah buah yang sering kita temui, bahkan mungkin bagi yang tak suka apel akan bosan karena baik di supermarket maupun di tempat menjual buah manapun pasti ada apel.

Apel adalah buah serba guna, bisa digunakan untuk campuran kue, dibuat jus, dibuat es buah, bahkan dimakan biasa pun bisa, baik dikupas maupun tidak. Satu hal yang tidak boleh dilupakan ketika akan memakan apel adalah mencuci apel terlebih dahulu. Karena jika tidak, maka akan menjadi berbahaya!
Makan apel / Gambar via rcemlearning.co.uk

Bahaya Memakan Apel tanpa Dicuci

Dari panen hingga sampai ke tangan konsumen, apel mengalami perjalanan yang sangat panjang. Dari perjalanan panjang itu, tentu saja ia banyak terpapar benda-benda asing dan menjadikan apel terkontaminasi oleh bakteri dan mikroorganisme lain.

Bakteri E. coli, salmonella, listeria dan norovirus, adalah bakteri yang biasa ada pada makanan yang harus diwaspadai. Tentu saja ini membahayakan manusia.

Profesor Sandria Godwin, PhD, RD, LDN, dari Department of Family and Consumer Sciences di Tennessee State University, menjelaskan bahwa makan apel tanpa dicuci akan membawa dampak buruk. Ketika tidak dicuci, apel akan membawa bakteri atau patogen. Orang yang memiliki kekebalan tubuh lemah bisa sangat mudah terjangkit penyakit hanya dengan mengkonsumsi satu apel yang tidak dicuci.

Dalam catatan Centers for Disease Control and Prevention, sebanyak lebih dari 9 juta orang sakit setiap tahun dari makanan yang terkontaminasi. Termasuk buah dan sayur yang menyumbang 46% penyakit tersebut.

Oleh karena itu, meski apel sehat, bisa jadi tidak sehat karena belum dicuci sebelum dikonsumsi. Jadi jangan malas mencuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi ya!
Jangan Lupa Cuci Apel sebelum Dimakan, Jika tidak Bahaya akan Mengancam! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top