Kamis, 11 Agustus 2016

Kalau Kamu Anak Perhotelan, Pasti Paham Hal ini!

Setelah lulus SMA/SMK, siswa dihadapkan pada pilihan apakah akan melanjutkan kuliah atau langsung bekerja, bahkan tak jarang juga yang memilih untuk menikah. Memang itu semua terserah pada pribadi yang menjalani sendiri, karena di usia ini seseorang dirasa sudah dewasa dan sudah bisa menentukan masa depannya.

Salah satu sekolah yang dituju setelah SMA/SMK adalah sekolah perhotelan. Sebagian orang mungkin menganggap kuliah perhotelan hanya sebelah mata, karena lulusan perhotelan akan bekerja di hotel dan lapangan kerja lain terkesan lebih sempit. Tapi diluar anggapan tersebut, ada beberapa hal yang hanya anak perhotelan saja yang mengerti.

Inilah hal yang pasti kamu paham kalau kamu anak perhotelan :
  1. Untuk Apa Kuliah Perhotelan?

    Untuk apa kuliah perhotelan? / Gambar via infoquarter.com
    Kebanyakan orang kuliah di ilmu keguruan, ekonomi, kedokteran, teknik, tapi kamu memilih perhotelan, pasti banyak yang bertanya. Hal ini dikarenakan orang-orang hanya melihat lulusan perhotelan pasti bekerja di hotel saja. Mereka masih menganggap remeh kuliah perhotelan ini.
  2. Kuliahnya Belajar Membereskan Tempat Tidur aja ya?

    Kuliahnya membereskan tempat tidur aja ya? / Gambar via tlcleaningservices.com
    Ini juga yang biasa menjadi pertanyaan orang, padahal hotel tak semua hanya berupa kamar. Di hotel bisa menjual ruangan untuk meeting atau kegiatan lainnya, menjual F&B, jadi tak hanya kamar saja. Memang ada pelajaran membereskan tempat tidur, tapi tidak selamanya hanya tempat tidur.
  3. Kuliahnya Mahal kok Kerjanya hanya Begitu?

    Kuliah di perhotelan juga diajarkan cara memasak di dapur, dapurnya pun dibuat seperti dapur restoran yang sebenarnya, dengan peralatan dan bahan-bahan makanan yang nyata dan tak murah harganya. Praktek membersihkan kamar pun ada tempatnya sendiri, ada juga laboratorium pastry, laboratorium restoran, dan semua itu dibuat harus sama dengan aslinya.
    Kuliah mahal kok kerjanya begitu aja? / Gambar via fmpcleaningservices.com
    Wajar saja bila sekolah perhotelan itu mahal. Dan tak selamanya lulusan perhotelan menjadi pekerja hotel saja, mereka bisa mendirikan hotel sendiri atau minimal punya restoran sendiri untuk menyalurkan pengetahuannya.
  4. Digoda Tamu adalah Ujian

    Digoda tamu / Gambar via dailymail.co.uk
    Buat kamu yang berpenampilan menarik, tak jarang tamu hotel akan menggoda. Ini merupakan ujian tersendiri. Tapi percayalah, para pekerja hotel sudah dibekali dengan tes perlindungan diri serta fisik mereka kuat, jadi kalau ada yang macam-macam, jangan menangis jika mereka melawan.
  5. Kemampuan Berkomunikasi dan Berbahasa Asingnya Pasti Bagus

    Kemampuan berkomunikasi dan berbahasa asing yang bagus / Gambar via linkedin.com
    Bagi yang bekerja di bagian depan dan tugasnya berkomunikasi dengan tamu pasti memiliki kemampuan ini, tapi bagi yang bekerja dibalik layar belum tentu memilikinya. Bahkan, ada juga yang kemampuan berbahasa asing serta kemampuan berkomunikasinya buruk.
  6. Komplain dari Tamu Sudah Menjadi Makanan Sehari-hari

    Komplain sudah menjadi makanan sehari-hari / Gambar via plus.google.com Pos Sector
    Menerima komplain seperti makanan yang tidak ada rasanya, makanan yang terlalu pedas, air panas tidak menyala, AC terlalu dingin, itu semua hal yang biasa diterima anak perhotelan. Dan harus dihadapi dengan lapang dada. Malah terkadang ada yang meminta pindah kamar karena alasan yang konyol.
  7. Anak Food Product paling Rentan Gagal Diet

    Anak food product yang rentan gagal diet / Gambar via alouc.com
    Ini yang bekerja di bagian pantry biasanya gagal diet. Hal ini dikarenakan terkadang ketika memproduksi suatu menu, bahan yang akan disajikan masih tersisa. Jadinya sayang jika dibuang, akhirnya merekalah yang menghabiskan. Makanan di hotel kualitasnya juga pasti baik kan? Jadi ya tak masalah.
Salam anak perhotelan :)
Kalau Kamu Anak Perhotelan, Pasti Paham Hal ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top