Senin, 08 Agustus 2016

Malaikat Menyertai setiap Manusia, Berapakah Jumlahnya?

loading...
Selama ini yang kita tahu, malaikat yang menyertai manusia adalah Roqib dan 'Atid, yang mencatat segala amal perbuatan manusia. Tapi ternyata, malaikat itu menyertai kita mulai dari lahir hingga kita di akhirat dan tak hanya Roqib dan 'Atid.

Malaikat menemani bani Adam sejak awal penciptaan mereka pada perut ibu sampai nyawa mereka dicabut dari jasad ketika ajal telah tiba. Malaikat pun akan menemani mereka pada alam kubur dan di akhirat kelak.
Ilustrasi / Gambar via keyword-suggestions.com
Jadi berapakah jumlah malaikat yang menyertai manusia?
  1. Di Awal Penciptaan Manusia

    Para malaikat berdiri di sisi anak Adam sejak awal penciptaannya. Dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Allah mengutus setiap rahim seorang malaikat, seraya berkata: Ya Allah, nutfah (air mani)?, Ya Allah 'Alaqah (segumpal darah)?, Ya Allah Mudhghah (sekerat daging)?, dan jika Allah ingin menyempurnakan penciptaan-Nya, malaikat tadi berkata: Ya Allah laki-laki atau perempuan?, Sengsara atau bahagia?, Berapa rezekinya?, Kapan ajalnya?, maka ia menulis hal tersebut di dalam perut ibunya." (HR. Bukhori 6595 dan Muslim 2646)
  2. Menjaga Anak Cucu Adam

    Dalam Al Qur'an surat Ar Ra'du ayat 10-11, Allah Ta'ala bersabda, "Sama saja (bagi Tuhan), siapa diantaramu yang merahasiakan ucapannya, dan siapa yang berterus terang dengan ucapan itu, dan siapa yang bersembunyi di malam hari dan yang berjalan (menampakkan diri) di siang hari. Bagi manusia adalah malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah."Selalu ada malaikat yang menjaga kita, jika ada bahaya dari belakang, samping, ataupun depan, atas izin Allah Ta'ala, maka lewat malaikat manusia tersebut diingatkan. Jika manusia tersebut terkena musibah, itu karena kehendak Allah Ta'ala dan malaikat tidak melalaikan tugasnya.
  3. Malaikat Pencatat Amal Baik dan Buruk

    Allah Ta'ala berfirman, "Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya dari pada urat lehernya, (yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir." (QS. Qaff: 16-18)

    Malaikat di sisi kanan mencatat amal baik dan di sisi kiri mencatat amal buruk. Selain itu, jika manusia melakuka kesalahan dan kemudian beristighfar, maka dihapuslah kesalahan tersebut. Jika tidak maka tertulis satu kesalahan.
Jadi, seorang manusia selama ada empat malaikat di sisinya baik siang maupun malam, menjaga manusia secara bergantian.

Wallahu a'lam bishawab.
Malaikat Menyertai setiap Manusia, Berapakah Jumlahnya? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top