Kamis, 18 Agustus 2016

Ngeri! Penyakit Mematikan ini adalah Akibat dari Global Warming!

Tentunya kita semua sudah pernah mendengar kata global warming. Global warming menjadi topik yang marak dibicarakan belakangan ini. Bumi dikatakan semakin berbahaya, dan sebagian besar dikarenakan ulah manusia yang tidak menjaga bumi.

Melelehnya es, naiknya permukaan laut, serta cuaca ekstrim menjadi beberapa bahaya yang terjadi akibat global warming. Tapi, yang lebih membahayakan adalah adanya penyakit mematikan yang ditimbulkan akibat global warming. Wabah ini disebut dengan "zombie pathogens", yang membeku di dalam es selama berabad-abad lamanya.

Ketika temperatur naik, penyakit ini akan menyebar dengan mudah melalui serangga dengan jangkauan yang luas dan jauh. Terlebih di daerah dengan iklim tropis akan menghadapi masalah yang besar karena penyakit ini menyebar di cuaca yang panas. Bahkan, tempat yang kita rasa aman, ternyata menyimpan ancaman yang besar. Apa saja tersebut?

Inilah penyakit mematikan yang diakibatkan oleh global warming :
  1. Antraks

    Di akhir Juli 2016 lalu, muncul lagi penyakit Antraks telah menyerang rusa kutub di Siberia, membunuh lebih dari 2.000 ekor. Karena hal ini, sejumlah penduduk pun ikut jatuh sakit. Menurut berita, pelakunya adalah bangkai rusa kutub 75 tahun yang lalu, yang membeku hingga temperatur meningkat dan mencairkan es.
    Antraks / Gambar via merckmanuals.com
    Antraks terkenal sangat berbahaya. Penyakit ini menginfeksi dengan cara mengepung protein yang ada pada kulit yang tersimpan dan aman selama bertahun-tahun di dalam tanah.
  2. Zika

    Zika merupakan virus yang timbul tanpa gejala atau demam ringan dan menyerang orang dewasa. Zika dapat menyerang ketika seorang wanita hamil, yang mana dapat menyebabkan keguguran dan microcephalus pada janin.
    Zika disebarkan melalui nyamuk / Gambar via globalresearch.ca
    Faktor utama virus zika dapat menyebar melalui nyamuk Aedes aegypti, yang selain zika juga membawa penyakit demam berdarah dengue dan cikungunya.
  3. Penyakit Zombie

    Tak hanya antraks, ada juga penyakit yang dinamakan penyakit zombie, dimana penyakit ini berada pada permafrost. Setelah 30.000 tahun berlalu, penyakit ini aktif kembali dan menginfeksi lagi. Utamanya menginfeksi amoeba dan tidak menginfeksi manusia.
    Penyakit zombie / Gambar via dailytech.com
    Tapi dikhawatirkan bahwa pathogen yang mematikan seperti cacar atau virus tersebut dapat menular ke manusia.
  4. Tick Bone

    Tak hanya nyamuk, namun juga kutu mencari tempat hidup baru ketika iklim mulai memanas dan mereka membawa penyakit ketika berpindah. Seperti penyakit babesiosis, yaitu penyakit yang disebabkan oleh parasit Babesia microti.
    Tick bone / Gambar via upi.com
    Penyakit ini ditemukan di timur laut dan barat daya Amerika Serikat, dan menyerang selama musim panas. Panjangnya musim panas akan menyebabkan banyak orang berisiko terjangkit penyakit babesiosis.
  5. Kolera

    Penyakit mematikan selanjutnya adalah kolera, yang mana kolera mengkontaminasi air. Menurut penelitian, ketika musim panas wabah kolera akan meningkat.
    Bakteri kolera / Gambar via apocketmerlin.tumblr.com
    Di awal tahun 2014, kolera meningkat dikarenakan perubahan cuaca dan area paling banyak terdapat bakteri kolera adalah sanitasi air yang buruk. Selain itu, banjir juga menyebabkan meningkatnya penyebaran bakteri kolera.
Itulah penyakit-penyakit mematikan yang timbul karena global warming. Oleh karena itu, kita harus giat menjaga bumi kita dan merawatnya, serta menjaga kesehatan untuk kelancaran kehidupan manusia.
Ngeri! Penyakit Mematikan ini adalah Akibat dari Global Warming! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top