Selasa, 16 Agustus 2016

Ngeri! Undang-Undang Baru di Italia akan Memenjarakan Orang Tua yang Memaksa Anaknya untuk Memakan Makanan Diet Vegan

loading...
Menjadi seorang vegan atau vegetarian adalah pilihan. Biasanya, orang dewasalah yang berniat untuk menjadi vegan. Mereka hanya memakan sayur dan buah, tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup.

Orang menjadi vegan karena berbagai alasan, seperti ingin menjaga tubuh agar tetap indah, ingin menjalani pola hidup sehat, untuk merawat kulit, untuk diet, dan alasan lainnya. Jika vegan sebagian besar adalah orang dewasa, lalu bagaimana dengan anak kecil?
Elvira Savino / Gambar via elvirasavino.it
Hal ini ternyata menjadi bahasan yang sedang ramai dibicarakan di Italia. Dimana Elvira Savino, anggota parlemen dari Partai Forza Italia, mengecam keras orang tua yang memberi makan anaknya dengan makanan diet untuk vegan. Ancamannya tak main-main, yaitu empat tahun penjara.

Savino mengeluarkan Undang-Undang agar orang tua bertanggung jawab dalam memberi makan anaknya. Ia berkata bahwa, diet tidak memberikan elemen yang seimbang untuk kesehatan dan pertumbuhan anak.

Pada media, Savino berkata, "Saya tidak melarang orang menjadi vegan atau veganisme selama itu dilakukan oleh orang dewasa. Saya hanya tidak setuju ketika orang tua membiarkan anak mereka menjadi fanatik, dan seringkali hal ini dilakukan tanpa adanya pengetahuan yang cukup dan tanpa konsultasi pada ahlinya terlebih dahulu.

Beberapa dokter spesialis anak menyarankan larangan memberi makan anak dengan makanan bagi diet vegan karena dapat menyebabkan anak kekurangan gizi. Vegetarian tidak mengkonsumsi daging, ikan, atau daging unggas lainnya. Begitu juga vegan, yang malah tidak mengkonsumsi makanan turunan dari hewan, seperti telur dan produk dari susu.

Hukum larangan tersebut mengusulkan bahwa orang tua yang membesarkan anak dengan diet vegan akan mendapat hukuman satu tahun, sedangkan jika anak sampai mengalami masalah kesehatan permanen maka orang tua akan dihukum selama empat tahun, dan jika anak sampai meninggal maka akan dihukum selama tujuh tahun.

Hukuman ini berlaku jika usia anak dibawah 16 tahun dan akan meningkat setiap tahun jika sang anak berusia dibawah 3 tahun. Savino mengatakan bahwa anaknya yang berusia 7 tahun makan daging, tapi tidak terlalu banyak, dan dia bukan berarti vegan.

Nampaknya, masalah orang tua yang memberi makan anaknya yang masih dibawah umur dengan diet vegan marak terjadi. Bulan lalu, di utara kota Milan, seorang bayi berusia tiga bulan dilarikan ke rumah sakit karena diet vegan.

Tak hanya itu, di tahun 2015 pengadilan Italia memerintahkan seorang ibu untuk berhenti membesarkan anaknya yang masih 12 tahun dengan diet vegan. Ayahnya mengatakan bahwa diet vegan menghambat pertumbuhan anaknya.

Sekarang ini, berlakunya Undang-Undang tersebut masih dibicarakan oleh parlemen sebelum diberlakukan tahun ini.

Hmmm, bagaimana menurutmu readers?
Ngeri! Undang-Undang Baru di Italia akan Memenjarakan Orang Tua yang Memaksa Anaknya untuk Memakan Makanan Diet Vegan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top