Sabtu, 20 Agustus 2016

Stop! Mengupil Selain Menjijikkan juga Berbahaya Loh!

loading...
Hidung merupakan alat pernapasan manusia. Hidung terdiri dari dua lubang, dan pada tiap lubang terdapat bulu-bulu hidung untuk menyaring udara yang masuk ke saluran pernafasan. Pada daerah ini, kita tahu banyak sekali upil, itu merupakan kotoran dari udara yang kita hirup. Baca : Ternyata lubang hidung kiri dan kanan memiliki perbedaan

Mengupil itu menyenangkan memang. Kita akan merasa lega dan hidung menjadi bersih setelah mengupil. Tapi, mengupil di tempat umum atau pada saat-saat tertentu sangat menjijikkan. Selain itu, ada hal berbahaya dibalik tindakan mengupil. Karena itulah, sejak kita kecil, orang tua selalu melarang kita untuk mengupil.
Mengupil / Gambar via todaysparent.com
Mengupil bisa menjadi kebiasaan, bahkan sebagian orang mengkategorikan ini menjadi kebiasaan yang buruk. Menurut Dr. Erich Voigt, mengupil bukan hanya kebiasaan buruk tapi juga berbahaya. Dr. Erich menjelaskan bahwa kuman pada hidung yang disebut Staphylococcus aureus, hidup di bagian luar hidung, dapat masuk ke hidung ketika kita mengupil dan dapat mengakibatkan goresan luka.

Pada akhirnya, goresan tersebut menimbulkan darah, menyebabkan kuman, meningkatkan kerak dan iritasi ketika mengupil. Tergantung dimana kamu berada dan sampai mana tanganmu mengupil, akan menyebabkan masalah yang serius pada tubuh.

Dr. Erich juga mengatakan poin terpenting bagaimana buruknya jika anak kecil mengupil, "Anak yang memiliki kebiasaan buruk mengupil dapat menyebabkan hidungnya berdarah. Darah yang men-suplai hidung sangat kuat, karena terdapat lima pembuluh arteri yang berada di bagian depan hidung (kiesselbach's plexus)."

Jadi meski terdengar sepele, mengupil bisa menjadi hal yang berbahaya, tak hanya bagi anak kecil tapi juga orang dewasa. Oleh karena itu, kurangilah kebiasaan mengupil.
Stop! Mengupil Selain Menjijikkan juga Berbahaya Loh! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top