Selasa, 02 Agustus 2016

Tingkatkan Hasil Panen Padi, Ilmuwan China Punya Cara Canggih seperti ini!

loading...
Nasi adalah makanan pokok hampir di seluruh manusia di dunia, nasi berasal dari padi. Dikabarkan bahwa meningkatnya pertumbuhan penduduk tidak diimbangi dengan meningkatnya kebutuhan makanan. Karena makin lama tanah untuk pertanian akan semakin menipis untuk perumahan.

Oleh karena itu, banyak ilmuwan membuat cara agar padi tetap ditanam. Bahkan, ada yang menggunakan atap sebagai tempat bercocok tanam padi. Dan yang terbaru di China, untuk meningkatkan hasil panen padi menggunakan pemindai computed tomography (CT) sinar X.
Tanaman padi / Gambar via ourworld.unu.edu
CT Sinar X biasanya digunakan untuk pasien tumor, untuk mengecek apakah terdapat tumor atau gumpala darah. Tapi, berbeda halnya guna CT sinar X di laboratorium Quin Liu di Wuhan, China, dimana alat ini digunakan untuk meningkatkan hasil panen padi.

Cara agar padi dapat dipanen dan hasilnya baik, awalnya ditelakkan di dalam pot di atas conveyor belt di bawah pemindai yang beroperasi secara otomatis. Dalam sehari, fasilitas tersebut dapat membproses sebanyak 4.320 tanaman padi. Energi yang digunakan ini pun tidak akan merusak tanaman padi.

Jika diestimasikan 3 miliar orang di seluruh dunia mengkonsumsi padi dengan spesies yang sama sebagai makanan pokoknya, para peneliti menghadapi tekanan tinggi untuk menciptakan hasil panen secara maksimal. Karena metode ini memungkinkan hasil yang baru setiap harinya.

Dalam penelitian ini, Liu bekerja sama dengan Wanneng Yang, Xiochun Xu, Lingfeng Duan, Qingming Luo, Shangbin Chen, dan Shaoqun Zeng di Britton Chance Center for Biomedical Photonics, Wuhan National Laboratory for Optoelectronics Huazhong University of Science and Technology.

Liu mengatakan bahwa untuk memilih benih otomatis menggunakan pemindai CT karena hasilnya lebih tinggi, pengukuran lebih akurat, serta lebih murah daripada teknologi lainnya.

Semoga penelitian ini berhasil sehingga dapat mengatasi masalah kekurangan bahan makan di dunia.
Tingkatkan Hasil Panen Padi, Ilmuwan China Punya Cara Canggih seperti ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top