Sabtu, 06 Agustus 2016

Tips Belajar Aneh tapi Sangat Efektif!

Salah satu hal paling berat dari seorang pelajar adalah belajar. Memang banyak sekali godaan yang datang ketika sedang belajar. Terkadang, niat tak sesuai ekspektasi. Niatan ingin belajar H-1 minggu sebelum ujian, tapi nyatanya tetap memakai sistem kebut semalam.

Tapi, sadarkah kamu kalau cara belajarmu mempengaruhi keinginan untuk belajar? Dan ternyata, ada cara ampuh yang mungkin sedikit tak lazim untuk dilakukan ketika belajar. Apa saja ya?

Inilah tips belajar aneh tapi sangat efektif :
  1. Menonton Film Dokumenter

    Menonton film dokumenter / Gambar via YouTube Dutch Docu Channel
    Kalau kamu susah mengerti pelajaran dengan cara membaca, kamu bisa belajar dengan cara menonton. Menonton tak selamanya berdampak buruk. Jika kamu ingin belajar sejarah dan antropologi tertentu, kamu bisa belajar dengan cara menonton film dokumenter yang relefan dengan materimu.
  2. Permainan Font

    Permainan font / Gambar via designschool.canva.com
    Kalau kamu selalu mencatat dengan cara mengetik, maka gunakan font yang tidak biasa. Boleh kamu gunakan font yang unik dan ukurannya berbeda. Hal ini untuk membuatmu lebih mudah mengingat bagian tersebut, karena font standar akan membuatmu cepat lupa.
  3. Aroma

    Gunakan aroma asing ketika belajar / Gambar via aromaterapya.com

    Ketika belajar cobalah untuk menyemprotkan aroma yang tidak familiar, misalnya parfum kakak atau pengharum mobil yang belum pernah kamu pakai. Lalu, ketika ujian semprotkan kembali aroma tersebut. Karena, aroma tersebut akan meningkatkan memori kamu tentang materi yang dipelajari.
  4. Food Trail

    Camilan saat belajar biasanya kamu cemil sepanjang belajar sesuai keinginanmu. Tapi dengan cara food trail ini, kamu tidak mencemilnya setiap saat, melainkan ketika kamu sampai di halaman-halaman tertentu. Misalnya, di halaman 10 selipkan permen, di halaman 20 selipkan sebatang cokelat, dan seterusnya.
    Selipkan makanan di buku / Gambar via foodstarter.com
    Ini semacam reward bagi kamu karena telah mencapai halaman tersebut. Asalkan, konsentrasi belajar tetap kamu jaga jangan sampai hanya memikirkan makanan ya!
  5. Speed

    Dengarkan materi dengan cepat / Gambar via duwun.com.mm
    Ketika waktu sudah mepet tapi kamu belum belajar materi yang ada di audio, tenang saja. Karena kamu bisa menggunakan double speed di playlist untuk mendengarkannya. Ini bisa membuatmu lebih paham dan kamu akan lebih berkonsentrasi.
  6. Color Coding

    Gunakan berbagai warna / Gambar via medicalexaminationgloves.com
    Gunakan pulpen warna-warni untuk mencatat. Misalnya, warna merah untuk nama-nama ilmiah, warga biru untuk tahun penting, dan sebagainya.
  7. Permen Karet

    Permen karet / Gambar via livestrong.com 
    Ketika belajar, kunyahlah permen karet dengan rasa yang asing. Lalu ketika ujian, kunyah permen karet yang sama. Hal ini bekerja seperti layaknya aroma, yang meningkatkan memori rasa dengan apa yang kamu pelajari.
  8. Memory

    Tulis di kertas kecil / Gambar via tempeschools.org
    Misalnya ada pelajaran yang banyak rumus atau hal-hal yang penting, kamu bisa mencatatnya dalam kertas kecil. Kamu bisa membawa kertas itu kemana-mana sambil menghafalnya. Jadi ketika di hari ujian, kamu sudah hafal di luar kepala.
  9. Tulis dengan Cepat

    Tulis dengan cepat / Gambar via facultyfocus.com
    Sebelum mulai mengerjakan, baca sepintas soal dan tulis jawabannya secara ingat. Ini untuk mempermudah kamu mengingat hal yang baru kamu pelajari. Karena jika kamu terlalu banyak membaca soal dan berpikir di awal-awal, bisa jadi kamu lupa dengan materi yang sudah kamu baca, padahal materi tersebut keluar di soal-soal terakhir.
  10. Disiplin

    Lakukan belajar dengan disiplin, jika menggunakan internet, jangan macam-macam membuka situs lain yang tidak menunjang belajarmu, misalnya sosial media atau situs hiburan lain. Ini akan mengganggu konsentrasi belajarmu.
    Disiplin / Gambar via essaynparagraph.com
    Tahanlah keinginan untuk bersenang-senang dan utamakan belajar. Belajar walau hanya sebentar tapi fokus dan mengerti itu lebih baik, daripada berjam-jam tapi tak dapat apa-apa.
Selamat mencoba!
Tips Belajar Aneh tapi Sangat Efektif! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top