Sabtu, 20 Agustus 2016

Tips Memperbaiki Penglihatan agar Normal tanpa Kacamata dan Operasi

Menghabiskan banyak waktu di depan komputer atau gadget dapat melemahkan kemampuan penglihatan. Disamping karena faktor usia, gaya hidup seperti ini dapat mempercepat hal buruk pada penglihatan.

Oleh karena itu, dibutuhkan nutrisi yang tepat untuk memperbaiki kesehatan mata. Tahukah kamu makanan apa yang dapat meningkatkan kemampuan penglihatan secara signifikan?
Kesehatan mata / Gambar via gacplusasia.com
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School, dimana mereka menganalisis diet dan kondisi kesehatan lebih dari 800 pasien. Beberapa pasien didiagnosa mengalami degenerasi makular. Degenerasi makular adalah kondisi medis kronik yang tidak dapat diperbaiki. Kondisi ini menyebabkan hilangnya penglihatan sentral karena kerusakan macula atau bagian tengah retina.

Degenerasi makular adalah penyebab utama kebutaan pada usia 50 tahun keatas. Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi lemak dapat meningkatkan kemungkinan degenerasi makular sesuai dengan usia.

Makanan tinggi lemak seperti kentang goreng, kue, dan makanan setengah matang, meningkatkan kemungkinan degenerasi makular dua kali lebih tinggi. Oleh karena itu, Dr. Seddon menyatakan bahwa jika kita mengkonsumsi sedikit makanan kaya asam linoleum dan dua atau lebih ikan per minggu, risiko degenerasi makular dapat dikurangi secara signifikan.

Inilah makanan yang sangat baik untuk penglihatan :

  1. Ikan yang Berminyak

    Ikan yang berminyak / Gambar via avenue86.com
    Asam docosagexanoic adalah minyak di dalam ikan yang sangat bermanfaat bagi pembuluh darah yang menyalur pada retina. Makanan yang mengandung asam tersebut secara signifikan dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya degenerasi makular.
  2. Bawang Putih

    Bawang putih berpengaruh pada fungsi trombosit. Selain itu, bawang putih dapat menjadi zat pengental ketika kelebihan darah. Latihan mata dan mendeteksinya sejak awal dapat menjadi pencegah utama rusaknya penglihatan.
    Campurkan bawang putih di makananmu / Gambar via cookingontheweekends.com
    Bawang putih dapat menjadi bahan yang luar biasa bagi kesehatan kardiovaskular. Di dalamnya terkandung antioksidan yang dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol secara signifikan. Jika ingin menyembuhkan penglihatan yang kurang jelas, kamu dapat mengkonsumsi bawang putih lebih sering dengan mencampurkannya pada salad, soup, atau makanan lainnya.
Jadi, selain mengkonsumsi makanan tersebut, jangan lupa ubah kebiasaan berlama-lama di depan komputer atau gadget ya!