Minggu, 07 Agustus 2016

Unik! Orang-orang ini Kaya Mendadak tanpa Sengaja!

Banyak orang yang salah satu tujuan dalam hidupnya adalah menjadi kaya raya. Oleh karena itu, mereka bekerja keras agar apa yang diinginkan tercapai. Namun, tak semua orang bisa meraihnya, ada berbagai hal yang menyebabkan tak semua orang bisa menjadi kaya raya.

Uniknya, orang-orang di dunia ini menjadi orang kaya tanpa sengaja. Bukan karena sulap atau semacamnya, tapi ini benar-benar tanpa sengaja dan tak terduga. Apa saja ya?

Inilah orang-orang yang kaya mendadak tanpa sengaja :
  1. Robert Chesebrough

    Seorang pekerja di industri minyak, Robert Chesebrough, menemukan cairan yang kita sebut dengan Vaseline. Kala itu, Robert baru berumur 22 tahun ketika menemukan Vaseline. Awalnya, ia menemukan suatu cairan minyak yang biasa disebut sebagai salah satu bahan batang lilin di dalam sumur minyak.
    Robert Chesebrough / Gambar via alchetron.com
    Ia ternyata memiliki pandangan bahwa bahan tersebut dapat menyembuhkan luka manusia. Maka dari itu, ia membawa cairan tersebut ke rumahnya untuk diteliti. Setelah menjalani beberapa kali percobaan dan kegagalan, akhirnya ia berhasil mengekstrak petroleum jelly yang menjadi bentuk awal Vaseline.

    Di tahun 1880, Robert berhasil menjual Vaseline dan menjadi orang kaya raya.
  2. Harry Wesley Coover Jr.

    Jika sebelumnya Vaseline ditemukan dengan adanya penelitian, tapi lem super yang ditemukan oleh Harry Wesley Coover Jr. ini merupakan suatu produk gagal. Awalnya, Coover ingin membuat gun sight (kaca pembidik pada senjata), namun hasilnya malah ia membuat lem yang berkekuatan super yang diberi nama "Super Glue".
    Harry Wesley Coover Jr. / Gambar via chron.com
    Produk gagal ini ternyata sangat laku di pasaran dan terjual sebanyak 2 triliun hingga sekarang. Kegagalan yang menguntungkan bukan?
  3. Roy Plunkett

    Seorang ilmuwan asal Amerika, Roy Plunkett, menemukan Freon yang dibiarkan begitu saja dan berubah mengeras seperti putih lilin pada tahun 1938. Bukannya membuang benda tersebut, ia malah menelitinya dan menemukan bahwa material tersebut mengandung sesuatu yang tak biasa.
    Roy Plunkett / Gambar via Pinterest Pastics Connect
    Akhirnya, di tahun 1945 ide tersebut dimasukkan sebagai merk dagang dan dalam beberapa tahun perusahaannya memperoleh keuntungan miliaran dollar.
  4. Arthur Fry

    Arthur Fry menemukan sebuah benda yang terkesan sederhana. Jika ilmuwan lain menemukan suatu benda dengan penelitian, tapi Fry menemukan hal ini karena ia tidak dapat meneruskan halaman yang telah ia baca dalam sebuah buku.
    Arthur Fry / Gambar via realisemyproduct.co.uk
    Kemudian ia berimajinasi jika saja ia menempelkan kertas kecil diantara halaman tersebut, sehingga dapat digunakan sebagai pengingat. Jadilah imajinasinya itu sebuah pembatas buku/note kecil untuk mengingat halaman terakhir yang dibaca. Jadilah ia seorang yang kaya raya atas kesuksesannya menjual pembatas buku.
  5. Frank Epperson

    Sebelumnya, suatu penemuan ditemukan ketika orang tersebut sudah menjadi ilmuwan atau sudah dewasa, namun penemuan tak sengaja kali ini dilakukan oleh seorang bocah bernama Frank Epperson pada tahun 1905. Kala itu, ia tak sengaja meletakkan campuran air dan bubuk soda dengan sebuah tongkat kecil ke dalam gelas. Inilah awal mula ditemukan es lolipop.
    Frank Epperson / Gambar via delishice.com.au
    Namun, penemuannya ini baru terealisasikan pada tahun 1923 yang produknya ia jual di toko minumannya. Saat itu, es lolipop ini bernama "Eppsicles", kemudian berubah nama dan dipatenkan oleh perusahaan Popsicle. Lima tahun setelahnya, penjualan Popsicle mencapai lebih dari 60 juta kemasan di seluruh dunia.
  6. Leo Hendrik Baekeland

    Satu lagi percobaan gagal yang menguntungkan, yaitu ditemukannya polimer Bakelite oleh ahli kimia Belgia bernama Leo Baekeland. Polimer adalah bahan penting untuk peralatan dapur, radio, dan telepon.
    Leo Hendrik Baekeland / Gambar via lists288.rssing.com
    Bakelite ditemuka ketika Leo berencana membuat pengganti lak (pelapis kayu) namun gagal. Kemudian, elemen gagal itu ia panaskan dalam sebuah teko besi dan ia malah menemukan Bakelite. Di tahun 1910, ia membangun perusahaan peralatan dapur dan tentu saja perusahaan ini langsung sukses dengan profit jutaan dolar.
  7. Joseph McVicker

    Pasti kamu sudah tak asing dengan mainan plastisin atau 'malam' bukan? Mainan elastis ini ternyata juga merupakan suatu produk yang tak sengaja. Joseph McVicker, awalnya adalah seorang pegawai biasa yang bekerja pada perusahaan bernama Kutol, yang akhirnya menjadi pengusaha sukses berkat menjual plastisin.
    Joseph McVicker / Gambar via emaze.com
    Awalnya, adonan plastisin yang dibuat oleh Joseph tidak berwarna, kemudian ia menambahkan pewarna dari cairan pembersih yang dibawa oleh adik iparnya dari tempat ia bekerja. Jadilah adonan plastisin itu kini beraneka warna.
Pepatah yang mengatakan kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda ada benarnya juga. Terbukti dengan kisah-kisah penemu di atas yang awalnya tidak sengaja menemukan benda yang menjadikannya kaya. Jadi, jangan pernah menyerah atas apa yang kita kerjakan, mungkin beberapa tahun ke depan kamu akan sukses dengan temuan yang kamu pikir gagal dulunya.
Unik! Orang-orang ini Kaya Mendadak tanpa Sengaja! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top